Class Meeting 2018

Kebumen (29/09/18) – Pekan lalu, MAN 2 Kebumen telah mengadakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal tahun 2018/2019. Kegiatan yang diadakan selama 8 hari ini (17/09 – 25/09) diikuti oleh 1130 siswa MAN 2 Kebumen. Setelah menghadapi 19 hingga 22 mapel ujian, siswa-siswi MAN 2 Kebumen perlu menyegarkan kembali lelah dan letih pikiran selama PTS dengan kegiatan yang bersifat non-akademik. Oleh karena itu, OSIS MAN 2 Kebumen mengadakan kegiatan class meeting selama 4 hari dari Rabu (26/09) hingga Sabtu (29/09).

Class meeting kali ini memilih tema “Build Your Creativity and Solidarity” dengan maksud agar siswa MAN 2 Kebumen dapat mengekspresikan kreativitas dan mempererat solidaritas antar siswa. Kreativitas siswa diekspresikan dalam perlombaan seni seperti Lomba Paduan Suara, Lomba Menyanyi Solo Lagu Religi dan Lomba Desain Batik, sedangkan nilai solidaritas, termasuk didalamnya sportivitas, tercermin dalam perlombaan Voli, Tenis Meja, dan Basket.

Tak hanya kreativitas dan solidaritas/sportivitas siswa, kegiatan class meeting kali ini juga mendidik siswa MAN 2 Kebumen untuk gemar membaca dan mewujudkan lingkungan yang bersih, rapi, tertib dan indah. Ajakan untuk gemar membaca bagi siswa terinspirasi oleh Gerakan Literasi Madrasah yang tiap tahun selalu diadakan dengan Lomba Perpustakaan Kelas. Lingkungan madrasah yang bersih dan rapi juga digalakkan dengan Lomba 5K antar-Kelas.

Penilaian lomba dalam rangka class meeting ini dilaksanakan dibanyak tempat dan diwaktu yang berbeda. Lomba 5K dan Perpustakaan Kelas masing-masing dinilai dari hari Rabu hingga Sabtu. Lomba Basket dilaksanakan di lapangan basket madrasah pada hari Rabu. Lomba Voli dilaksanakan di GOR Gembira pada hari Kamis dan Jumat. Lomba Tenis Meja dilaksanakan di aula madrasah pada hari Jumat dan Sabtu. Untuk Lomba Menyanyi Solo, Lomba Desain Batik dan Lomba Paduan Suara masing-masing dilaksanakan pada hari Rabu, Kamis dan Sabtu. Lomba Menyanyi Solo dan Paduan Suara dilaksanakan di lapangan bulu tangkis madrasah dengan menempatkan panggung disana sedangkan Lomba Desain Batik dilaksanakan di ruang kelas X IPA 1, 2 dan 3.

Masing-masing perlombaan menerapkan aturan yang berbeda-beda dalam keikutsertaannya. Lomba Basket hanya diperuntukkan bagi putri berjumlah 3 peserta. Lomba Voli dan Tenis Meja diikuti oleh putra dan putri tetapi untuk Lomba Voli diikuti oleh 6 peserta mewakili masing-masing jurusannya. Lomba Paduan Suara dan Menyanyi Solo hanya mengirimkan 1 grup/siswa wakil masing-masing kelas, sedangkan Lomba Desain Batik dapat diikuti oleh 3 siswa wakil masing-masing kelas.

Pada pembukaan class meeting tahun ini, Kepala Madrasah berpesan tentang pentingnya usaha maksimal para peserta dan dukungan teman-temannya secara sportif. Para peserta wajib menampilkan kemampuannya yang terbaik, tapi tidak hanya itu, apresiasi dan rasa empati dari siswa yang tidak mengikuti lomba juga harus ditunjukkan sebagai bentuk solidaritas. Menurutnya, sikap menghargai antar sesama dan rasa empati yang ditunjukkan dengan tulus menjadi modal penting dalam interaksi masyarakat/sosial dan meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *