Duta Anti Narkoba Kebumen 2019

Kebumen (1/7) – Rendi Saputra, siswa kelas X MAN 2 Kebumen ini meraih juara 3 pasangan Duta Anti-Narkoba Kebumen tahun 2019. Ia dan pasangannya dari SMA N 1 Gombong dinobatkan menjadi Duta Anti-Narkoba pada Ahad lalu (30/6) di Hotel Mexolie, Kebumen. Bersama teman semadrasahnya, Salma Fitriya Nurhanifah, ia maju ke babak grand-final (20 peserta) dan mengikuti karantina dari Sabtu (29/6) hingga Ahad (30/1).

Ia menceritakan pengalamannya selama mengikuti ajang Duta Anti-Narkoba sejak mengirimkan berkas pendaftaran tanggal 12 Juni lalu. Atas tawaran dari pengurus OSIS MAN 2 Kebumen, ia segera menyiapkan berkas-berkas pendaftaran seperti formulir pendaftaran, surat keterangan dari madrasah, foto, dan makalah tentang narkoba. Judul makalahnya adalah Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Ia menjelaskan ada beberapa babak yang harus dilalui antara lain tes tulis dan tes wawancara. Keduanya dilaksanakan pada hari Jumat (28/6) di Hotel Mexolie. Tes tertulisnya berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 nomor sedangkan pada tes wawancara dalam ruang tertutup ia berhadapan dengan 3 juri dengan masing-masing 2 pertanyaan. Pengumuman 20 besar (10 pasang) langsung diumumkan pada hari itu juga.

Dua puluh finalis harus mengikuti karantina di Hotel Mexolie (29/6 – 30/6). Setelah check-in hotel pk 13.00 WIB para finalis harus mengikuti kegiatan pembekalan materi tentang narkoba hingga pk 21.00 WIB. Selanjutnya, para finalis mengikuti pelajaran koreografi dan geladi resik untuk acara final (30/6).

Pagi hari sebelum babak final dimulai, para finalis mengikuti sesi make-up. Pk 09.00 WIB kegiatan dimulai. Masing-masing finalis membawa para suporter dari tiap-tiap sekolah/madrasahnya. MAN 2 Kebumen adalah satu-satunya MA di Kebumen yang mengikuti ajang tersebut.

Selama babak final, masing-masing finalis akan diberi sebuah pertanyaan dan waktu sekitar 1 menit untuk menjawab. Selanjutnya akan dipilih 3 pasang finalis untuk tanya-jawab terakhir. Masing-masing pasangan diberi waktu 5 menit untuk menjawab pertanyaan. Di akhir babak ini terpilih 3 pasang Duta Anti-Narkoba Kebumen untuk tahun 2019.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *