Halaqah Santri MAN 2 Kebumen dan Ulama Al-Azhar

Kebumen (3/11) – Hari Kamis (2/11/17), Halaqah Santri MAN 2 Kebumen dan Ulama Al-Azhar diadakan di GOR Gembira Kebumen. Kegiatan dengan teman “Pesan Damai dari MANDA untuk Dunia” diikuti oleh seluruh warga MAN 2 Kebumen dan tamu undangan dari Pemerintah Kabupaten Kebumen, Polres, Kodim, dan perwakilan dari beberapa Ormas di Kebumen.

Kegiatan yang merupakan refleksi Hari Santri (22/10) pekan lalu menghadirkan Ulama dari Al-Azhar University, Kairo, Mesir. Beliau adalah Syaikh DR. Abdul Aziz Muhammad Shalih, Dosen Jurusan Ilmu Perundang-Undangan dan Hukum Syariat di Al-Azhar, Universitas tertua di dunia. Beliau merupakan salah satu utusan dari Universitas untuk bersafari ke beberapa kota di Indonesia setelah kegiatan Halaqah Internasional Alumni Al-Azhar di NTB, Rabu (18/10).

Bersamaan dengan kegiatan halaqah, juga diadakan Pelantikan Pengurus OSIS MAN 2 Kebumen masa bakti 2017/2018 dan Penarikan PPL IAINU dari madrasah. Dalam kegiatan ini juga dipertunjukkan kreatifitas peserta didik madrasah di bidang seni musik, seni gerak/tari dan rebana.

Syaikh Abdul Aziz Muhammad Shalih disambut dengan antusias oleh peserta didik MAN 2 Kebumen. Dalam nasihatnya, Syaikh memberikan motivasi kepada peserta didik akan pentingnya belajar Bahasa Arab karena Bahasa Arab adalah bahasanya Al-Quran.

Pada kegiatan ini juga terdapat sesi tanya jawab antara peserta didik dengan Syaikh Abdul Aziz Muhammad Shalih. Salah satu pertanyaan dari peserta didik tentang syarat untuk masuk Universitas Al Azhar, Syaikh menjelaskan bahwa salah satu ketentuan mendaftar di Al-Azhar adalah hafal 5 Juz.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *