Hari Lahir Pancasila

Kebumen (2/6) – Pada hari Kamis (1/6), MAN 2 Kebumen mengadakan berbagai kegiatan untuk menyongsong Hari Lahir Pancasila ke-72. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah tentang Gerakan Pembudayaan Pancasila dalam rangka menyongsong Hari Lahir Pancasila. Sesuai instruksi dari Kepala Madrasah, kegiatan diawali dengan upacara bendera pada pk 07:30 WIB.

Kegiatan yang bertepatan dengan 6 Ramadhan ini juga menggelar doa bersama (istighotsah) yang dipimpin oleh Bapak K.H. Habibulloh bagi keselamatan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara secara umum dan permohonan doa bagi kelancaran kegiatan-keiatan madrasah khususnya.

Kegiatan yang diikuti oleh guru, karyawan dan seluruh pengurus OSIS ini juga diisi dengan pemutaran video teatrikal tentang sejarah perumusan Pancasila yang terdapat pada Piagam Jakarta serta perubahannya.

Pada akhir kegiatan, diadakan seminar ilmiah bertema “Islam dan Pancasila” dengan mengundang narasumber antara lain Komandan Kodim 07/09 Kebumen, Tim Guru Mapel Sejarah dan PKn dan Kepala MAN 2 Kebumen. Tema yang dibahas pada seminar oleh masing-masing narasumber antara lain: Ancaman Dis-Integerasi Bangsa Tanpa Pancasila, Pancasila dan Perwujudan Masyarakat Madani dan Pancasila dan Islam Bukan Untuk Dipertentangkan. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *