Harlah MAN 2 Kebumen ke-44 tahun

Kebumen (29/4) – Tahun ini genap 44 tahun MAN 2 Kebumen (terhitung dari PGA) berdiri. Kepala Madrasah memilih terhitung 44 tahun (dari sejak berdirinya PGA) sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan penghargaan pada para pendiri dan penggagasnya. Selain itu, nama MAN 2 Kebumen pun terbilang baru karena sebelumnya, madrasah ini juga pernah menggunakan nama MAN Kebumen 2 sebelum menjadi MAN 2 Kebumen.

Harlah MAN 2 Kebumen tahun ini mengangkat tema “Usiamu Prestasimu”. Usia 44 tahun (40-an tahun) adalah usia yang produktif. Seperti halnya manusia, usia 40 tahun adalah usia emas. Usia 40 tahun adalah usia yang istimewa. Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan usia 40 tahun dalam al Quran

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa:

ROBBI AWZI’NII AN ASYKURO NI’MATAKALLATII AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALAA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOOLIHAN TARDHOOHU, WA ASHLIH LII FII DZURRIYATII.

“Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Imam Asy-Syaukani rahimahullah menyatakan bahwa tidaklah seorang nabi diutus melainkan mereka telah berusia 40 tahun. Ayat ini menunjukkan bahwa jika seseorang mencapai usia 40 tahun, ia membaca doa seperti yang terdapat dalam ayat di atas.

Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah menyatakan bahwa orang yang telah mencapai usia 40 tahun, maka ia telah mengetahui besarnya nikmat yang telah Allah anugerahkan padanya, juga kepada kedua orang tuanya sehingga ia terus mensyukurinya.

Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan bahwa ketika seseorang berada dalam usia 40 tahun, maka sempurnalah akal, pemahaman dan kelemah lembutannya.

Puncak Harlah

Puncak peringatan harlah MAN 2 Kebumen diadakan pada hari Jumat, 26 April 2019. Kegiatan-kegiatan menyambut harlah madrasah sudah diadakan pada bulan-bulan sebelumnya (baca: Road to Harlah MAN 2 Kebumen ke-29) dengan lomba-lomba. Kegiatan pada hari Jumat lalu antara lain apel pagi, pawai taaruf (jalan sehat), pembagian doorprize dan tasyakuran. Sebelum apel dimulai, terdapat beberapa instruksi dari polres Kebumen mengenai tata cara, aturan dan rute pawai.

Apel pagi dilaksanakan pk 07.00 WIB dengan upacara sederhana. Kamad memberikan sambutan mengenai harlah dan beberapa kegiatannya. Kamad berpesan kepada seluruh peserta pawai agar senantiasa menunjukkan wajah gembira saat pawai. Doa penutup disampaikan oleh Waka Humas. Di akhir apel, puluhan balon yang membawa banner bertuliskan harlah madrasah ke-44 tahun diterbangkan. Doa dan harapan kebaikan dan kesusksesan madrasah di masa depan tak henti-hentinya dipanjatkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pawai taaruf, pembagian doorprize dan tasyakuran bakda shalat Jumat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *