Juara 1 Lomba Kaligrafi di Pesantren Expo 2018

Kebumen (17/9/18) – MAN 2 Kebumen berhasil menorehkan prestasi Juara 1 Lomba Kaligrafi di Pesantren Expo 2018 yang digelar selama 4 hari dari Kamis (13/9) hingga Ahad (16/9) kemarin. Tropi dan Piagam Juara 1 ini diserahkan kepada Haya Fauziyah (X IPA 4) melalui perwakilan Forum UMKM Online Kebumen. Lomba Kaligrafi ini dilaksanakan pada hari kedua Pesantren Expo digelar.

Saat ditemui di madrasah, Haya menceritakan pengalamannya mengikuti lomba ini. Ia mengetahui informasi perlombaan dari grup pecinta kaligrafi yang ia ikuti di WA. Saat menunggu pengumuman juara, ia sama sekali tidak diberi tahu sebelumnya. Menurutnya, saat itu sangat mengejutkan. Ia menjelaskan tentang macam-macam cabang kaligrafi diantaranya: Kaligrafi Naskah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Mushaf dan Kalografi Kontemporer. Dalam Pesantren Expo, cabang yang dilombakan adalah Kaligrafi Dekorasi dengan Surah pilihan adalah Al Falaq.

Pesantren Expo 2018 yang terselenggara berkat kerjasama antara Forum UMKM Online Kebumen dan Santri Online Kebumen ini bertujuan untuk menampilkan karya dan kreasi wirausaha para Santri dari 17 pesantren di Kebumen. Menurut Panitia, Santri tidak hanya nguplek di pondok, hanya membaca kitab, dan terkesan kuper, tetapi juga kreatif dan bisa berwirausaha.

Kegiatan yang memilih tema “Santripreneur” ini, selain pameran dan Lomba Kaligrafi, juga dimeriahkan dengan lomba-lomba lain dan seminar. Lomba Membaca Kitab Kuning dilaksanakan pada hari Kamis (13/9) dan Lomba Hadroh dilaksanakan pada hari Sabtu (15/9). MAN 2 Kebumen juga mengirimkan tim hadrohnya. Menurut Pembina, pesaing dari luar Kota Kebumen cukup kuat dan lebih berbakat. Dalam Pesantren Expo 2018 ini, tim hadroh MANDA belum meraih juara.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *