Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten 2017

Kebumen (16/5) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia. Program ini dilaksanakan tiap tahunnya dalam rangka terus mendorong siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Kompetisi yang sudah dilaksanakan keenam kalinya ini, diharapkan agar madrasah dapat meningkatkan mutu pendidikan sains secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi spotrivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Seleksi KSM dilaksanakan secara bertingkat dari tingkat madrasah hingga tingkat nasional. Pada tingkat madrasah diselenggarakan oleh masing-masing madrasah yang kemudian mengirimkan wakilnya untuk berkompetisi di tingkat kabupaten.

KSM tingkat kabupaten tahun 2017 diselenggarakan di MAN Kutowinangun pada hari Senin, 15 Mei 2017 dengan mapel yang dilombakan adalah Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi dan Geografi. MAN 2 Kebumen mengirimkan 12 peserta didik untuk ikut berkompetisi di ajang ini dan berhasil mendapatkan peringkat pada masing-masing mapel sbb:

  1. Mukhammad Nur Hidayatulloh, Biologi juara 1
  2. Ikaf Rahman Zaenuri, Biologi juara 2
  3. Fith Khafifah Alfaini, Fisika juara 1
  4. Mega Usawatun Khasanah, Fisika juara 2
  5. Berdina Nisfi Nursya’bana, Matematika juara 2
  6. Hakimatun Arifah, Matematika juara 3
  7. Miftakhur Rizki Hidayat Febrianto, Kimia juara 2
  8. Faiz Khoirul Anam, Kimia peringkat 4
  9. Siti Maskarimah, Ekonomi juara 3
  10. Mohamad Ziaul Haq, Ekonomi peringkat 4
  11. Siti Nurjanah, Geografi peringkat 3
  12. Jatmiar Fikriaziz, Geografi peringkat 4

Pemenang tingkat kabupaten selanjutnya akan berkompetisi ditingkat propinsi dan seterusnya. Sesuai informasi dari media elektronik, KSM Nasional 2017 insya Allah akan diadakan di DI Yogyakarta. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *