Lab. IPA

Pada tahun pelajaran 2019/2020, laboratorium IPA MAN 2 Kebumen telah terbagi menjadi 3 ruangan masing-masing untuk Lab. Kimia, Lab. Fisika dan Lab. Biologi. Bangunan Lab. Fisika adalah alih fungsi dari bangunan perpustakaan. Lab. IPA MAN 2 Kebumen melayani kegiatan praktikum untuk KBM sehari-hari maupun kegiatan di luar KBM seperti kegiatan pembinaan lomba, pertemuan organisasi, dan praktik lainnya.

Pada tahun 2019/2020 ini Lab. IPA MAN 2 Kebumen melakukan perbaikan-perbaikan dengan rancangan sebagai berikut:

Lab. IPA MAN 2 Kebumen melayani 20 rombel masing-masing kelas X terdiri dari 5 kelas jurusan IPA, kelas XI terdiri dari 5 kelas jurusan IPA, dan kelas XII terdiri dari 5 kelas jurusan IPA. Jumlah peserta didik adalah 487 anak. Khusus Lab. Biologi terdapat tambahan 5 rombel dari kelas X IPS yang merupakan mapel lintas minat. Jumlah peserta didik kelas X IPS adalah 168 anak. Berikut adalah tabel program tahunan kegiatan praktikum di Lab. IPA MAN 2 Kebumen untuk tahun pelajaran 2010/2020:

Lab. IPA MAN 2 Kebumen memiliki 1 pembina dalam mengelola Lab. Kimia, Fisika dan Biologi. Ada 7 guru mapel masing-masing 2 guru Kimia, 2 guru Fisika, dan 3 guru Biologi dan 1 laboran. Satu sesi praktikum setara dengan 3 JP (3 x 45 menit) masing-masing terbagi 2 JP (2 x 45 menit) praktikum dan 1 JP (1 x 45 menit) laporan. Jadwal praktikum menyesuaikan dengan jadwal KBM guru mapel.

Dalam penggunaan lab. perlu koordinasi antara guru mapel dan petugas lab. sekurang-kurangnya 1 x 24 jam sebelumnya guna memaksimalkan persiapan. Pengguna lab. diwajibkan mengisi jurnal penggunaan lab. yang telah tersedia, mengisi daftar hadir dan mematuhi aturan-aturan berikut:

Daftar sarana/prasarana, alat dan bahan, dan buku panduan praktikum dapat di download pada tautan Daftar Infentaris Lab. dan Panduan Praktikum.