LBB Harlah IAINU Kebumen

Kebumen (23/4) – Kak Ferdi dan 12 personil Pramuka MAN 2 Kebumen mengikuti LBB (Lomba Baris Berbaris) di IAINU Kebumen, Sabtu (20/4) lalu. Lomba ini diadakan oleh Racana Pandega IAINU Kebumen. Lomba ini diikuti oleh 12 pangkalan Pramuka Penegak se-Kwartir Cabang Kebumen. Lomba ini termasuk rangkaian acara memperingati Harlah IAINU dan memperingati Hari Kartini, hari Sabtu-Ahad, 20-21 April 2019.

Pada lomba kali ini, Pramanda meraih juara 2 bersanding dengan SMA N 1 Kebumen sebagai juara 1 dan SMK N 2 Kebumen juara ke-3. Kak Ferdi menceritakan, LBB diadakan pada hari Sabtu, 20 April 2019 sejak pagi hari hingga kurang lebih selesai pk 14.30 WIB. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada malam Ahad bersamaan dengan acara puncak peringatan harlah.

Kegiatan beris-berbaris dilaksanakan di lapangan berukuran 18 m x 9 m. Waktu yang diberikan untuk peragaan PBB dasar dan variasi adalah 15 menit dimulai dari aba-aba pertama. Semua aba-aba sudah ditentukan oleh panitia. “Ada 30 PBB dasar yang diperagakan,” kata Kak Ferdi. “Variasinya tergantung pangkalan masing-masing,” imbuhnya. Bertindak sebagai dewan juri adalah 2 personil TNI dari Kodim dan 1 dari panitia.

Di sela-sela rapat persiapan harlah madrasah Senin (22/4) kemarin, Kamad menyampaikan rasa bangga atas prestasi peserta didik MAN 2 Kebumen. Apalagi dalam sepekan ini, MAN 2 Kebumen mendapatkan 2 prestasi berturut-turut yakni juara 1 kota Semarang kompetisi Syiar Anak Negeri (baca: Syiar Anak Negeri 2019) dan juara 2 LBB Pramuka di IAINU. Beliau tak menyangka, peserta didik MAN 2 Kebumen dapat bersaing dengan sekolah-sekolah (SMA/SMK) negeri yang peserta didiknya lebih unggul dari segi fisik. “Anak madrasah iku cilik-cilik (kecil-kecil), kuru-kuru (kurus-kurus) tapi ternyata dapat mengimbangi sekolah-sekolah negeri,” katanya.

Pada rapat tersebut juga disampaikan wacana penghargaan tak hanya bagi peserta didik, juga bagi pambina-pembina ekstra yang peserta didiknya berprestasi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *