Madrasah Aliyah Negeri

Madrasah Aliyah Negeri Kebumen

Madrasah aliyah Negeri (disingkat MAN) merupakan tingkat pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan SMA, SMU atau SMK, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan di madrasah aliyah Negeri ditempuh selama 3 tahun, mulai dari kelas X, XI dan XII (10, 11, 12).

Ketika menginjak ke kelas XI seperti halnya siswa SMA, maka siswa MAN memilih salah satu dari beberapa jurusan yang ada, yaitu Ilmu Alam (IPA), Ilmu Sosial (IPS), Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa. Ketika sudah sampai kelas XII, siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan madrasah aliyah negeri dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi umum, perguruan tinggi agama Islam, atau pun langsung bekerja.

Kurikulum madrasah aliyah negeri sama dengan kurikulum sekolah menengah atas (SMA), hanya saja pada MAN terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Mata pelajaran bidang agama Madrasah Aliyah negeri antara lain:

 

Alquran dan Hadits

Aqidah dan Akhlaq

Fiqih

Sejarah Kebudayaan Islam

Bahasa Arab.

 

Siswa/siswi madrasah aliyah negeri umumnya memiliki usia 16-18 tahun. SMA/MA tidak termasuk program wajib belajar pemerintah (tidak termasuk ke dalam wajib 9 tahun), sebagaimana siswa sekolah dasar (SD/MI) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (SMP/MTs) 3 tahun. Untuk lebih memahami seperti apa Madrasah Aliyah Negeri dan seluk beluknya, silahkan buka halaman-halaman website milik MAN Kebumen 2 ini.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *