MAN 2 Kebumen Juara III UBC 2017

Kebumen (30/10) – UBC atau UNDIP Biology Competition 2017 adalah kompetisi atau olimpiade untuk mapel Biologi yang diadakan oleh Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Diponegoro, Semarang. Kegiatan diadakan selama 2 hari, Sabtu-Ahad (28/10 – 29/10) di Gedung B lt. 3 FSM UNDIP.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dan sederajat se-Jawa Tengah ini terbagi dalam 3 babak; penyisihan dan semifinal pada hari Sabtu (28/10) dan babak final pada hari Ahad (29/10). Selain kompetisi siswa, kegiatan juga diisi dengan Seminar bagi Guru pada hari Sabtu (28/10) di Gedung Dekanat lt. 3 FSM UNDIP yang membahas tema seputar “Biologi Aplikatif” dari 4 pembicara, yakni Dr.rer.nat  Anto Budiharjo, S.Si., M.Biotech (Metagonomic Analysis to Reveal Biodiversity of Uncultured Microorganism), Dr. Drs. Mochamad Hadi, M.Si. (Pembuatan Awetan Spesimen Biologi), Dr. Erma Prihastanti, M.Si. (Pembuatan Preparat Metode Replika untuk Mengetahui Jumlah dan Stomata Secara Cepat), Dr. Drs. Wijanarka, M.Si. (Metode Cepat Staining Gram Bakteri).

MAN 2 Kebumen mengirimkan 3 peserta masing-masing perwakilan kelas XI dan XII, M. Nur Hidayatulloh (XII IPA 2), Ikaf Rahman Zaenuri (XI IPA 1) dan Wanti Sofyan Ningsih (XI IPA 1). Di akhir final UBC, Panitia mengumumkan juara dalam 3 urutan terbaik antara lain: Juara I dari SMA IT Ikhsanul Fikri Magelang, Juara II dari MA Al-Hikmah 2 Brebes, dan Juara III dari MA Negeri 2 Kebumen yakni Ikaf Rahman Zaenuri.

Saat ditemui di madrasah, Ikaf mengatakan bahwa sistem kompetisi sama seperti pada tahun 2016. Ada babak penyisihan, semifinal dan final. Tes tulis di babak penyisihan berupa pilihan ganda. Di babak semifinal, tes tulis berupa uraian singkat dan di babak final berupa soal analisis.

“Materi di babak final belum banyak yang saya pelajari, tapi karena soalnya berupa analisis, jadi bisa diperkirakan.” imbuhnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *