MANDA CAMPUS EXPO 2018

Kebumen (22/1/18) – MANDA Campus Expo 2018 yang telah dilaksanakan Jumat-Sabtu (19/1/18-20/1/18) di GOR Gembira Kebumen mendapat perhatian yang luar biasa dari peserta didik kelas XII MAN 2 Kebumen. Kegiatan ini diisi dengan training motivasi, talk show alumni MAN 2 Kebumen dan stand-stand informasi perguruan tinggi.

Kegiatan yang bertema “Mantapkan Sasaran Menggapai Impian” ini tak kurang dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta dengan 40 jurusan atau prodi mempromosikan profilnya. Profil tersebut diperoleh langsung dari masing-masing perguruan tinggi melalui ikatan atau perkumpulan alumni yang telah mendapatkan izin. Campus Expo ini juga dimeriahkan dengan pentas seni dari alumni dan perwakilan peserta didik MAN 2 Kebumen.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kampus kepada adik kelas ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Menurut Fajar, kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi dan hubungan baik antara peserta didik (adik kelas) yang masih di madrasah dengan alumninya.

“Adik-adik dapat relasi dengan alumni yang sudah kuliah dan dapat motivasi dari motivator dan alumni,” katanya.

Panitia kegiatan merupakan anggota IKKADA (Ikatan Keluarga Alumni MAN 2 Kebumen) yang lulus 2017 lalu. Panitia melakukan persiapan selama 2-3 bulan untuk mensukseskan kegiatan ini. Untuk mendukung kegiatan, panitia menghimpun dana dari iuran alumni, donatur, sponsor dan usaha. Saat dijumpai di lokasi kegiatan, Amin menceritakan pengalamannya menghimpun dana dari usahanya berjualan buku.

“Selain dana dari donatur, kita juga ngumpulin buku-buku dari alumni yang masih layak untuk dijual,” katanya.

Kegiatan pengenalan kampus sangat baik dan bermanfaat bagi peserta didik kelas XII dalam menentukan minat, bakat, dan bidang keilmuan yang nantinya akan menjadi keunggulan dan profesionalisme mereka. Bagi peserta didik yang bingung menentukan pilihan jurusan atau prodi, stand-stand perguruan tinggi memberikan informasi berupa profil, pamflet, leaflet maupun tanya-jawab langsung dengan mahasiswa yang bersangkutan. Masalah dana, perizinan dan koordinasi menjadi hal yang harus diperhatikan untuk kegiatan berikutnya. Alumni perlu membangun hubungan yang baik dengan madrasah (-pen).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *