MANDA Futsal Championship 2018

Kebumen (28/03/18) – MANDA Futsal Championship (MFC) adalah kompetisi futsal antar kelas yang diadakan untuk mencari bibit-bibit pemain futsal terbaik MAN 2 Kebumen. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Madrasah ke-28. Kompetisi tahun ini memilih tema “Bersama Untuk Memajukan Olahraga MANDA Kebumen”. Kegiatan yang digagas oleh OSIS dan Klub Futsal madrasah ini juga bertujuan untuk mengisi liburan siswa-siswi kelas X dan XI saat UAMBN berlangsung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi liburan saat kelas XII UAMBN. Yang terpenting adalah untuk melihat potensi siswa-siswa yang bisa main futsal,” kata Sultan.

Kegiatan yang diadakan selama 3 hari (26/03/18 – 28/03/18) di GOR Gembira ini hanya mempertandingkan babak penyisihan dan semifinal. Selanjutnya, akan diperoleh 4 tim (2 putra dan 2 putri) yang nantinya akan maju ke babak final. Babak final akan diadakan saat memperingati harlah MAN 2 Kebumen ke-28.

“Babak finalnya diadakan di GOR juga saat puncak harlah MANDA tanggal 28 April mendatang. Angka 28 juga karena harlah besok yang ke-28,” jelas Aminah.

Panitia menjelaskan, masing-masing kelas mengirimkan 2 tim, putra dan putri. Setiap tim terdiri dari 5 pemain dan 2 – 3 pemain cadangannya. Peraturan antara futsal putra dan putri berbeda. Sistem pertandingan futsal putri berupa sistem gugur sedangkan futsal putra menggunakan sistem grup dan perolehan poin.

Peraturan lain yang berbeda adalah lama pertandingan pada babak penyisihan. Untuk putri, pertandingan hanya berlangsung selama 2 x 5 menit sedangkan untuk putra pertandingan akan berlangsung selama 2 x 7 menit. Lama pertandingan saat babak penyisihan dan semifinal juga berbeda. Sultan menambahkan bahwa disemifinal nanti pertandingan akan berlangsung selama 2 x 15 menit.

Panitia menyiapkan tim kesehatan dari PMR untuk mengatasi hal-hal buruk yang terjadi seperti cedera pemain. PKS membantu menjaga keamanan di tempat parkir pengunjung dan sekitar gedung. Tim kebersihan juga diterjunkan untuk menjaga kebersihan gedung jika sewaktu-waktu hujan sedangkan dibeberapa bagian ruangan terdapat kebocoran. Kejadian ini dapat mempengaruhi waktu dan jadwal yang telah diatur.

“Kegiatan ini telah direncanakan dengan matang meski waktu persiapannya cukup singkat. Madrasah, OSIS dan organisasi lain seperti PMR dan PKS sangat mendukung dan membantu acara ini. Hari kemarin (Selasa, 27/03/18) sempat hujan lebat dan dibeberapa bagian ruangan ada yang bocor. Jadwal jadi terganggu,” imbuh Aminah.

Kompetisi MFC tahun ini adalah pertama kalinya kegiatan class meeting futsal bisa diselenggarakan secara “legal” di madrasah. Pada tahun sebelumnya, kompetisi serupa pernah berjalan tetapi sebatas keinginan perorangan atau sebagian siswa. Di tahun ini, seluruh warga madrasah menyambut baik dan mendukung kegiatan ini.

“Harapannya, ditahun berikutnya kegiatan MFC akan terus diselenggarakan dan kegiatannya semakin lebih baik lagi,” pungkas Aminah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *