Masa Ta’aruf Siswa Madrasah 2018 (Day 2)

Kebumen (18/7/18) – Masa Ta’aruf Peserta Didik Baru MAN 2 Kebumen telah memasuki hari ke-2. Menurut Wildan, kegiatan hari ke-2 ini sebagian besar masih diisi dengan materi seputar madrasah dan tetap bertempat di Aula MAN 2 Kebumen. Ia menyebutkan beberapa materi yang akan disampaikan hari ini antara lain: Penanaman Akhlak dan Karakter oleh Drs. Wim Tri Busono, Pengembangan Diri oleh Dra. Hj. Sari Saraswati, Pengenalan Fasilitas Madrasah oleh Drs. Agung Widayat dan Membangun Kreativitas Remaja oleh Faiq Dwi Harsanto, S.Pd.

“Hari ini yang ngisi ada Pak Wim, Bu Sari, Pak Agung, Pak Faiq dan OSIS,” katanya.

Mengikuti materi tentang Bimbingan dan Konseling, peserta Matsama ditanyai tentang kesan-kesannya dengan BK di SMP/MTs-nya dulu. Menurut Reni, peserta Matsama dari SMP N 1 Puring, BK menjadi tempat yang baik untuk curhat dan konsultasi belajar. Lain lagi, menurut Ibnan dari SMP N 7 Kebumen, BK-nya baik dan membuatnya tahu banyak tentang ke-BK-an.

Dalam materinya, Dra. Hj. Sari Saraswati memberikan wawasan tentang fungsi BK di madrasah antara lain: memberikan pemahaman diri dan lingkungan madrasah pada peserta didik dan tempat konsultasi penyaluran pilihan pendidikan, pekerjaan dan karir.

“BK di madrasah aliyah lebih banyak membantu peserta didik memahami potensi diri dan memilih pendidikan atau pekerjaan,” katanya.

Tidak hanya materi-materi kemadrasahan yang disampaikan oleh guru/karyawan, di hari ke-2 ini juga terdapat sosialisasi dan atraksi dari pengurus OSIS dan dewan/anggota ekstra kurikuler yang ada di MAN 2 Kebumen. Macam-macam ekstra kurikuler yang ditampilkan di akhir sesi hari ke-2 Matsama ini antara lain: Manda Sport Centre, Pramanda, PKS, PIK-R, PMR, Irmas dan Masters.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *