MOPD MAN 2 Kebumen 2016 | Say No To Bullying

Sesuai dengan peraturan pemerintah pada tahun pelajaran 2016/2017 ini Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) berganti nama menjadi masa Pengenalan Lingkungan Madrasah bagi Siswa Baru. Sebelumnya MOPD MAN 2 Kebumen adalah menggunakan istilah Masa Ta’aruf atau Masta. Kegiatan ini resmi dibuka pada Senin, 18 Juli 2016 oleh Kepala MAN 2 Kebumen H. Mahmudin dan bertempat di Masjid Baitul Hikmah MAN 2 Kebumen.

Menurut Kepala Madrasah pengambilan tempat pembukaan tersebut memang sengaja disesuaikan dengan misi MAN 2 Kebumen yang hendak menanamkan karakter bagi peserta didiknya. Penggunaan Masjid sebagai tempat pembukaan diharapkan membawa kebaikan bagi para peserta.

Pada laporannya Agung Widayat selaku ketua kegiatan melaporkan bahwa dalam kegiatan masa pengenalan madrasah tahun pelajaran ini diikuti oleh 392 peserta yang terinci menjadi 99 putra dan 293 putri. Peserta didik baru sebanyak itu akan terbagi menjadi 11 kelas yaitu 5 kelas untuk program IPA , 5 kelas untuk program IPS dan 1 kelas program keagamaan.

Ditanya tentang tujuan kegiatan, Agung Widayat menyampaikan selain sebagai masa pengenalan lingkungan baru kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif bagi peserta didik baru. Selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat memunculkan interaksi positif antara peserta didik baru dengan warga madrasah lainnya.

Masa pengenalan lingkungan madrasah bagi siswa baru MAN 2 Kebumen rencananya dilaksanakan mulai Senin – Rabu 18 – 20 Juli 2016.

Pada kesempatan yang lain, Siti Robiyatun selaku waka kurikulum MAN 2 Kebumen menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut tak akan ada kegiatan perploncoan atau bullying. Bahkan Kepala Madrasah menyampaikan jika sampai dalam pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat unsur perploncoan, maka dipersilahkan untuk langsung melaporkan kepada beliau. (afn)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *