Outbound MAN 2 Kebumen 2017

Kebumen (13/12/17) – Pendidikan dan pengembangan karakter peserta didik menjadi perhatian besar bagi MAN 2 Kebumen. Pada semester ini, 97 peserta didik kelas X dan XI diikutsertakan dalam kegiatan outdoor dan outbound di Pantai Bocor, Sabtu (9/12/17) lalu.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Sekolah Alam Lukulo ini diisi dengan aneka permainan kelompok yang melatih kekompakan kelompok, konsentrasi, ketangkasan dan kecepatan, pengetahuan dan pemahaman, serta kepercayaan dan keyakinan para peserta.

Setibanya di Pantai Bocor, kegiatan diawali dengan apel pembukaan yang dipandu oleh Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan Shalat Dluha. Selanjutnya, peserta mengikuti instruksi dari instruktur Sekolah Alam Lukulo menuju tepi pantai. Para instruktur membuka kegiatan outbound dengan yel-yel dan ice-breaking. Selanjutnya, mereka menjelaskan pos-pos yang nantinya akan dikunjungi oleh peserta.

Terdapat 4 pos permainan dan 2 pos pengetahuan yakni sains dan keagamaan. Pos-pos permainannya terdiri dari jalan beriringan dengan mata tertutup, mengeluarkan bola dalam pipa berlubang dengan mengisikan air, memindahkan gelas berisi air dengan mata tertutup, dan menjaga nyala lilin dari serangan air kelompok lain. Pos-pos pengetahuannya terdiri dari pos pembelajaran IPA yakni membuat perapian dengan gesekan dan alat optik, dan pos keagamaan yakni memahami Asma Al-Husna.

Peserta didik mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. Matahari yang bersinar sangat terik tidak mengurangi antusiasme para peserta. Saat dijumpai di madrasah, peserta berharap agar kegiatan outbound seperti ini dapat diadakan rutin setiap semester di tempat-tempat yang berbeda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *