Outbound PIK-R, PKS dan PMR MAN 2 Kebumen 2018

Kebumen (12/3/2018) – Sabtu lalu (10/3/2018), sekitar 250 peserta didik MAN 2 Kebumen yang merupakan anggota PIK-R, PKS dan PMR mengikuti outbound di Jemur Adventure Park, Kebumen. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan mempererat persahabatan sesama anggota PIK-R, PKS dan PMR MAN 2 Kebumen ini menggunakan wide game dan outbound sebagai media pendidikannya. Masing-masing dilaksanakan dalam dua sesi bergantian. PIK-R dan PKS yang jumlah pesertanya lebih sedikit melaksanakan wide game terlebih dahulu dari pk 10.00 hingga pk 12.00 WIB, sedangkan kakak dan adik PMR mengikuti outbound bersama instruktur dari Indrakila Outbound Center (IOC), Kebumen. Setelah ishoma, anggota PMR melaksanakan wide game, sedangkan PIK-R dan PKS mengikuti outbound hingga pk 15.00 WIB.

  • Wide Game

Wide game dipandu oleh kakak dewan masing-masing organisasi dibantu oleh pengurus OSIS sebagai tamu undangan. Peserta wide game harus menyelesaikan tugas di 5 pos yang dilaluinya. Secara umum, pos-pos yang dilalui antara lain pos keagamaan, pengetahuan umum, keterampilan, PBB dan pengambilan pin, slayer atau tanda masing-masing organisasi.

Kegiatan yang juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT ini memanfaatkan aktivitas seperti berdoa dan bersholawat, menghafal surat pendek dan doa-doa sehari-hari, sholat jamaah, perjalanan (rihlah) untuk tadabur alam dan tugas-tugas di pos keagamaan sebagai strateginya. Peserta akan menikmati dan mensyukuri nikmat Allah dari melihat pemandangan alam yang indah dan merasakan udara yang bersih disana.

Tujuan lain kegiatan ini adalah meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab. Peserta dididik sifat mandiri dan tanggung jawabnya dengan membentuk regu/kelompok kerja. Satu kelompok terdiri dari 5 – 8 peserta. Setiap kelompok memiliki pemimpin yang bertugas mengatur dan bertanggung jawab menjaga anggotanya. Mereka menyiapkan yel-yel untuk ditampilkan di setiap pos yang dilalui dan untuk mengobarkan semangat.

Di akhir pos yang dilalui, adik-adik diuji mental dan keberaniannya mempertahankan dan beradu argumen dengan kakak dewan untuk mendapatkan tanda organisasi. Masing-masing peserta berusaha mendapatkan tanda berupa pin PIK-R, lencana PKS dan slayer PMR. Pada pos ini, adik harus rela mendapat cecaran pertanyaan dan bentakan dari kakak dewan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan anggota yang berkualitas, loyal dan rela berkorban memajukan organisasi.

  • Pendidikan yang Terpadu

Pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik. Kegiatan wide game dan outbound merupakan media pendidikan yang baik karena memadukan aspek sikap dan spiritual, pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, kegiatan yang bersifat outing dapat merelaksasi otak dan pikiran sejenak setelah kegiatan PTS pekan sebelumnya yang terasa menjenuhkan.

Kegiatan outbound kali ini juga diisi dengan pendidikan bela negara oleh Pak Taufik dari KODIM Kebumen. Beliau adalah pelatih atau pembina paskibraka dan juri perlombaan paskibraka di Kebumen. Beliau menyampaikan pentingnya pelatihan PBB dalam menumbuhkan cinta tanah air. Menurut beliau, PBB di Kebumen termasuk kiblatnya PBB di Indonesia. Selama menyampaikan materi, beliau juga mengapresiasi pendidikan di madrasah yang dapat menyeimbangkan ilmu agama dan ilmu umum sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang moderat.

Kegiatan outbound yang dipandu oleh instruktur yang berpengalaman menyediakan permainan-permainan yang menarik dan mengasyikkan. Permainannya melatih keseimbangan otak kiri dan kanan. Estafet air, estafet bola dan latihan ketangkasan meniti tapal kuda, jaring laba-laba, meniti tali, dan tangga, meski melelahkan, dapat membuat peserta bergembira dan bersemangat.

Standar keamanan tentu sangat diperhatikan, peserta menggunakan pengaman dengan tali paracord, hardness dan carabiner yang terikat kuat. Instalasi kawat pengaman yang tebal dan kuat juga termasuk standar keamanan di wahana ini. Di akhir halang rintang, peserta akan memainkan flying fox sepanjang 30 m.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *