Pemilu OSIS Manda

Kebumen (12/10) – Pemilu OSIS MAN 2 Kebumen yang dilaksanakan pada hari ini (12/10) diawali dengan kampanye Calon Pengurus OSIS tahun 2017/2018 di Lapangan Bulutangkis Madrasah. Kegiatan dibuka oleh Kepala Madrasah dan laporan kegiatan disampaikan oleh Pengurus OSIS 2016/2017. Pada sambutan dan prakata acara pembuka juga diperkenalkan Model Pemilu OSIS Berbasis Komputer (Online) berikut kandidat Calon Ketua, Calon Sekretaris dan Calon Bendahara OSIS 2017/2018.

Para kandidat calon pengurus inti OSIS 2017/2018 terdiri atas Ketua, Sekretaris dan Bendahara telah diseleksi secara ketat pada beberapa hari sebelumnya. Kandidatnya antara lain: Ilman Agil Ramadhan, Ichsanuddin Mustady, Yashinta Ikhsani Putri, Aminah, Amanah, dan Wildan Nurul Anam.

Pemilu OSIS Manda 2017/2018 ini menjadi pemilu kali pertama yang berbasis komputer (online) di MAN 2 Kebumen. Menurut Pembina OSIS, model pemilu ini bertujuan untuk memperkenalkan multimedia kepada seluruh warga madrasah, juga sebagai pembelajaran bagi peserta didik dalam mempersiapkan diri mengikuti berbagai model ujian-ujian yang berbasis komputer.

Para kandidat menyampaikan visi, misi dan program kerjanya di hadapan warga madrasah. Setelah pemaparan, para kandidat diberi beberapa pertanyaan oleh Bapak/Ibu Guru perihal keorganisasian dan pengetahuan lainnya.

Di akhir acara, Panitia Pemilu OSIS menyampaikan tata cara pemilihan online. Panitia menyampaikan bahwa setiap pemilih akan mendapatkan token yang berisi 5 digit angka untuk log-in ke lembar pemilihan (kertas suara). Pada lembar pemilihan terdapat nama dan foto para kandidat. Pemilih memilih dengan cara klik nama kandidat yang dipilih. Selanjutnya, klik tombol kirim yang berarti hak pilih telah digunakan. Pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya, selanjutnya melaporkan nomor token pada panitia dan ditandai dengan tinta biru pada jarinya.

Pemilihan OSIS berbasis komputer ini memanfatkan layanan pada Aplikasi Google Formulir pada Google Drive. Aplikasi ini dapat memantau tanggapan para pemilih sekaligus merekam waktu pemilihan dan merekap hasil perolehan suaranya. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *