Pengajian Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H

Kebumen (23/5) – Pekan ini adalah pekan terakhir di bulan Sya’ban maka tidak lama lagi bulan Ramadhan tiba. Pada hari ini (23/5) MAN 2 Kebumen mengadakan pengajian menyambut bulan suci Ramadhan di Masjid Baitul Hikmah.

Kegiatan dimulai pada jam ke-3 KBM dengan diikuti oleh guru-guru dan seluruh peserta didik kelas X dan XI. Bertindak sebagai pembawa acara adalah Bpk. Muslikhudin, S.Pd. membuka kegiatan dengan bershalawat dan membaca al-Fatihah.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci al-Quran oleh Bpk. M. Alif Mucharrom, S.Ag. dengan membaca Surat al-‘Alaq dan diikuti oleh seluruh peserta.

Nasihat pada kajian ini dibawakan langsung oleh Kepala Madrasah, Bpk. H. Mahmudin, S.Pd., M.Ag. dengan membawakan hadits Doa Jibril ‘alaihissalam seputar datangnya bulan Ramadhan yang artinya sebagai berikut:

Dari Abi Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah naik ke atas mimbar, kemudian beliau berkata :

Aamiin… Aamiin… Aamiin….

Kemudian ditanyakan (para sahabat), kepada beliau :

“Wahai Rasulullah, saat engkau naik ke atas mimbar, engkau sampai mengatakan Aamiin (3x) (ada apakah gerangan?)”

Kemudian Rasulullah memberikan keterangan sebagai berikut:

“Jibril telah datang kepadaku dengan mengatakan: “Barang siapa yang telah datang kepadanya bulan Ramadhan (puasa), kemudian dia tidak mendapatkan pengampunan (pada bulan Ramadhan tersebut), maka ia dimasukkan ke dalam api neraka dan Allah jauh dari dirinya, maka katakanlah: Aamiin”. Kemudian aku mengaminkannya.

“Dan barang siapa yang mendapatkan orang tuanya (ketika keduanya masih hidup), atau salah satu di antara kedua orang tuanya masih hidup, sementara (dia mampu berbuat baik untuk kedua atau salah satu di antara keduanya), kemudian dia tak mau berbuat baik kepada keduanya, atau salah satu di antara keduanya (yang masih hidup tadi), kemudian mati, maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka, dan Allah jauh dari dirinya, maka aku katakan : Amin”

“Dan barang siapa yang dimana namaku disebutkan (didepannya), kemudian dia tak memberikan shalawat kepadaku, maka Allah akan memasukkannya kedalam api neraka dan Allah sangat jauh dari dirinya, maka katakanlah (wahai Muhammad SAW) (amin), maka aku katakan “Amin”.

Di akhir kegiatan, dijelaskan pula tentang keutamaan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya sekaligus sesi tanya jawab dengan peserta kajian bersama Bpk. Drs. Wim Tri Busono. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *