Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H

Kebumen (05/04/18) – Pada hari ini, Kamis (05/04/18), MAN 2 Kebumen mengadakan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad di GOR Gembira, Kebumen. Kegiatan bertema “Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW: Hijrah Menuju Pribadi Yang Lebih Baik Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan”.

Kegiatan ini diikuti oleh Guru, Karyawan dan peserta didik kelas X dan XI MAN 2 Kebumen. Dalam kegiatan ini ada 2 agenda penting yang disampaikan kepada para pendengar. Pertama adalah peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan kedua adalah sosialisasi Gerakan Berangkat Lebih Awal yang disampaikan oleh OSIS MAN 2 Kebumen. Tausiyah Isra’ Mi’raj disampaikan oleh KH. Fathurrohman, S.Ag. dari Kementerian Agama Kebumen.

  • Memaknai Peringatan Isra’ Mi’raj

Nabi Muhammad SAW diperintah Allah SWT untuk ber-Isra’ Mi’raj ketika beliau mengalami masa-masa kesedihan (wafatnya Paman dan Istri tercinta). Syariat ini memiliki 2 sisi yang saling bertolak belakang. Satu sisi, syariat ini menjadi pelipur lara bagi Nabi yang mana Allah SWT memberi beliau mukjizat yang luar biasa dan tak bisa dijangkau akal. Di sisi lain, Allah SWT menjadikan peristiwa ini sebagai ujian bagi Nabi dalam menghadapi kaum munafiqin yang meragukan kebenarannya.

Dalam tausiyahnya, Kyai Fathurrohman menyampaikan beberapa makna peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Pertama, memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dapat memotivasi kita untuk berhijrah menuju pribadi yang lebih baik. Hijrah berarti berpindah tempat dari tempat yang sulit untuk melakukan ketaatan (menuju tempat yang mudah untuk melakukan ketaatan). Hijrah juga bermakna perubahan (dari keburukan menuju kebaikan). Pada bulan Rajab ini, terdapat doa yang sering dilantunkan yakni

اللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah (umur) kami bertemu Ramadhan.”

Dalam doa ini terdapat 2 permohonan; pertama adalah permohonan umur yang panjang dan berkah (bertambah terus kebaikannya). Permohonan yang kedua adalah harapan (dengan umur itu) agar kita dapat melaksanakan amal shalih di bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan.

Salah satu tolak ukur keberkahan umur adalah bertambahnya ilmu, baik ilmu dunia yang akan bermanfaat bagi kita di dunia, terlebih lagi adalah ilmu agama yang dapat menyelamatkan kita kelak di akhirat. Bertambahnya ilmu sejalan dengan makna hijrah, yakni berubah (berpindah) dari ketidaktahuan menuju pengetahuan. Orang yang berilmu akan dinanti-nantikan kehadiran (keberadaannya) dan perkataannya (fatwanya).

Kedua, memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW memotivasi kita untuk memperbaiki shalat 5 waktu. Shalat menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar. Shalat menjadikan kita memiliki akhlak yang baik. Contoh akhlak yang baik seorang anak adalah berbakti pada kedua orang tuanya dan akhlak yang baik dari seorang pelajar (murid) adalah menghormati guru-gurunya.

Salah satu cara untuk mendapatkan keutamaan shalat 5 waktu adalah dengan berjamaah di masjid. Dengan shalat berjamaah, kita dapat memperoleh beberapa keutamaan antara lain; pahala melaksanakan adab-adab di masjid seperi langkah kaki dan doa keluar/masuk masjid, pahala i’tikaf, shalat sunnah tahiyatul masjid, mendapatkan takbiratul ihram imam, mengucapkan “Aamiin” bersama imam, di-Aamiini oleh malaikat, dan sebagainya.

  • Sosialisasi Gerakan Berangkat Lebih Awal

Gerakan Berangkat Lebih Awal adalah gerakan yang digagas oleh madrasah untuk memotivasi peserta didik berangkat lebih awal. Gerakan ini mengajak peserta didik untuk berada di kelas dan memulai kegiatan belajar tepat pk 07.00 WIB. Peserta didik akan mengikuti doa bersama memulai pembelajaran secara tersentral.

“Peserta didik sudah di kelas pukul 7. Doa dilakukan tersentral dan di kelas sudah tidak berdoa lagi,” kata Kamad.

Sosialisasi ini ditandai dengan pembagian dan penempelan stiker di kelas-kelas. Peserta didik yang terlambat masuk kelas akan mendapatkan stiker khusus yang berisi himbauan agar tidak terlambat lagi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *