Selangkah Menuju MAN 2 Kebumen

Kebumen (14/7/18) – Pelaksanaan Tes Potensi Akademik Peserta Didik Baru MAN 2 Kebumen dilaksanakan hari ini, Sabtu (14/7). TPA ini wajib diikuti oleh Peserta Didik Baru 2018/2019 untuk mengetahui potensi peserta didik di bidang akademik, bakat dan minat pada mata pelajaran atau keahlian tertentu. Panitia PPDB MAN 2 Kebumen selanjutnya menggunakan rekomendasi hasil TPA ini, salah satunya, untuk menentukan pembagian kelas unggulan atau reguler. Pada tahun ini, madrasah bekerja sama dengan Lembaga Bina Psikodata Yogyakarta.

“Rencana 1 kelas IPA dan 1 kelas IPS. Masing-masing berisi 32 anak. Untuk masuk kelas unggulan itu ditentukan oleh hasil psikotes, nilai hasil UN, wawancara,” jelas Akhmad Makhsus.

Sebelumnya, Kamis-Jumat (12/7-13/7) Peserta Didik Baru MAN 2 Kebumen telah melakukan daftar ulang. Berdasarkan informasi dari panitia, peserta didik yang berhasil lolos seleksi ada 178 peserta jurusan IPA, 170 peserta jurusan IPS dan 35 peserta jurusan Agama. Peserta didik yang lolos seleksi akan mendapatkan surat pemberitahuan untuk daftar ulang. Pada tahun ini, ada ratusan peserta seleksi lainnya dinyatakan tidak lolos.

“Ada ratusan yang terpaksa tidak diterima,” kata Akhmad Makhsus.

Peserta seleksi PPDB MAN 2 Kebumen berasal dari SMP dan MTs di Kebumen dan sekitarnya. Enam ratusan peserta mengikuti seleksi yang dibuka dalam 2 gelombang reguler. Sebelumnya, selain gelombang reguler ada juga seleksi prestasi. (Baca: http://mankebumen2.sch.id/seleksi-ppdb-2018-man-2-kebumen-jalur-prestasi/)

Senin (16/7) adalah hari pertama masuk madrasah di tahun pelajaran yang baru. Peserta Didik Baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan pembagian kelas dan diwajibkan untuk mengikuti Pengenalan Lingkungan Madrasah (PLM) pada Selasa-Kamis (17/7-19/7).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *