Seleksi Peserta Didik Baru Jalur Prestasi 2019/2020

Kebumen (3/5) – Rangkaian kegiatan MAN 2 Kebumen selama sepekan ini terus bersambungan. Setelah harlah madrasah ke-44 dilaksanakan pada hari Jumat (26/4), kegiatan hari berikutnya, Sabtu (27/5) adalah Seleksi Peserta Didik Baru Jalur Prestasi tahun pelajaran 2019-2020. Kegiatan ini diikuti oleh 245 peserta didik SMP/MTs se-Kab. Kebumen dan sekitarnya. Seleksi ini akan menjaring 150 peserta didik sesuai peringkat dan ketentuan yang berlaku yang berhak masuk MAN 2 Kebumen tahun pelajaran 2019-2020.

Kegiatan persiapan dimulai sejak hari Jumat (26/4) setelah harlah. Panitia menyiapkan 2 spot kegiatan seleksi PPDB yakni ruang kelas dan lantai 2 area parkir. Ruang kelas digunakan untuk ujian berbasis komputer dari calon PDB sedangkan lantai 2 area parkir digunakan untuk pameran organisasi madrasah, sosialisasi PPDB dan madrasah, dan rangkaian acara hiburan untuk peserta seleksi.

Tes berbasis komputer dilakukan dalam 2 sesi dengan kapasitas 130 peserta. Sesi 1 pada pk 08.00 WIB dan sesi 2 pada pk 10.00 WIB. Mapel yang diujikan adalah 3 mapel UN SMP/MTs seperti Matematika, IPA dan Bahasa Inggris sesuai SKL dengan level tinggi. Soal terbagi dalam 15 soal Matematika, 20 soal IPA, dan 25 soal Bahasa Inggris.

Setelah mengikuti ujian, peserta dengan didampingi OSIS diajak ke pameran organisasi-organisasi di madrasah. Terdapat 9 stand pameran antara lain OSIS dan Ekstra Komputer, Pramuka, PMR, IRMAS dan Ekstra Ketrampilan, Asrama MANDA dan MASTERS (English Club), PIK-R, Olahraga dan Bakat Minat, PKS, KIR dan Olimpiade. Setiap stand menampilkan informasi kegiatan dan menyediakan makanan/snack ringan bagi peserta seleksi. Beberapa diantaranya adalah puding coklat, jasuke, siomay, bakwan kawi, bakso kerikil, cilung, lutis, es buah dan es krim cincaw.

Penampilan lainnya ada di panggung hiburan yang disediakan oleh panitia. Sosialisasi PPDB dan madrasah oleh Waka Kesiswaan, presentasi dan penampilan dari perwakilan organisasi, tarian dan nyanyian oleh peserta didik MAN 2 Kebumen, serta kesan dan pesan dari perwakilan sekolah/madrasah undangan. Pada penampilan ini, MAN 2 Kebumen memperkenalkan Voice of Mandamen yang akan mengikuti Syiar Anak Negeri di Metro TV selama Ramadhan nanti (baca: Syiar Anak Negeri 2019). Perwakilan dari sekolah/madrasah undangan salah satunya dari guru dan siswa MTs N Sumpiuh yang menyampaikan kesan dan pesannya di panggung. Sedangkan perwakilan dari SMP N 1 Puring ikut meramaikan kegiatan dengan menyumbang lagu.

Pengumuman hasil seleksi PPDB jalur prestasi ini dapat dibaca di tautan berikut PENGUMUMAN HASIL SELEKSI JALUR PRESTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 2 KEBUMEN 2019-2020

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *