Seminar dan Kolokium: Gerakan Literasi Madrasah

Kebumen – (20/9) Gerakan Literasi Madrasah (GLM) diadopsi dari Gerakan Literasi Sekolah yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak 2015. Pada tahun ini, MAN 2 Kebumen pertama kalinya mengadakan kegiatan GLM dengan serangkaian kegiatan antara lain: Bulan Literasi Madarasah, perlombaan dan kegiatan inti berupa Seminar Literasi.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak Agustus 2017 ini diikuti dengan antusias oleh peserta didik ditandai dengan meningkatnya minat baca dan sirkulasi berkunjung ke perpustakaan madrasah. Kegiatan perlombaan yang dilakukan antara lain: Lomba Kebersihan Kelas, Lomba Leader-Man dan Leader-Woman 2017 dan Pemilihan Duta Perpustakaan 2017.

Lomba Kebersihan Kelas dilakukan selama sepekan pada 6 – 11 September 2017 dengan aspek penilaian berupa kebersihan kelas, kerapian dan ketertiban kelas. Peserta didik menata sudut-sudut atau sebagian wilayah kelas menjadi perpustakaan dilengkapi dengan administrasinya. Lomba Leader-Man dan Leader-Woman 2017 menilai keaktifan peserta didik dalam mengunjungi dan meminjam buku-buku di perpustakaan kelas dan madrasah. Sedangkan Pemilihan Duta Perpustakaan 2017 diikuti oleh perwakilan setiap kelas untuk mengikuti audisi pada tanggal 12 – 13 September 2017.

Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca ini, pada puncaknya, diisi dengan pembagian hadiah, Seminar Literasi dan Kolokium di GOR Gembira Kebumen (20/9). Kegiatan ini bertema “Gerakan Literasi Madrasah Untuk Menghadirkan Calon Cendekia Muslim Abad 21”. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yakni Ibu Dra. Hj. Rohmah Hidayati (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Kebumen) dan Bpk Drs. H. Komper Wardopo, M.Pd. (Wartawan Senior Suara Merdeka). Pokok pembahasan yang disampaikan pembicara antara lain: Meningkatkan Gairah Baca bagi Pelajar dan Santri dan Strategi Menulis di Media Cetak dan Manfaatnya.

Tujuan GLM lainnya adalah menumbuhkan semangat berkarya dari warga MAN 2 Kebumen. Karya yang dihasilkan berupa makalah dari Bapak/Ibu Guru Madrasah. Makalah yang dipresentasikan adalah karya Bpk. Mohamad Iqbal, S.Pd., Ibu Intan Murniningsih, S.Pd. dan Bpk. Ahmad Tambah Kurniadi, S.Pd. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *