Studi Banding Ke SMK Texmaco Semarang

Dalam rangka menjajaki program penambahan muatan untuk pemantapan bimbingan keterampilan di MAN 2 Kebumen pada Selasa, 30/05/2016 MAN 2 Kebumen mengadakan kunjungan studi banding ke SMK Texmaco Semarang. Ikut dalam rombongan Kepala MAN 2 Kebumen H. Mahmudin, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana serta beberapa tenaga pengajar dan staf tata usaha.

Dipilih SMK Texmaco Semarang atas dasar hubungan silaturahmi yang sebelumnya sudah terjalin antara kepala sekolah SMK Texmaco Semarang yaitu Nur Alimah dengan Siti Robiyatun yang saat ini merupakan waka kurikulum MAN 2 Kebumen. Sebelumnya diketahu mereka berdua adalah teman satu kamar saat masih bersama “mondok” di Pondok Pesantren Al Asror Patemon Semarang.

Pada sesi sambutannya Kepala MAN 2 Kebumen berterima kasih pada SMK Texmaco Semarang atas kesediaannya menjadi tempat untuk studi banding. Selain itu beliau juga menggambarkan bagaimana program dan kondisi di MAN 2 Kebumen agar SMK Texmaco Semarang dapat memberikan masukan tentang program apa yang sebaiknya dimantapkan di MAN 2 Kebumen. Beliau juga meminta kesediaan SMK Texmaco Semarang untuk menjalin hubungan kerja sama dengan MAN 2 Kebumen.

SMK Texmaco semarang yang terletak berdekatan dengan Terminal Bus Mangkang Semarang adalah sekolah kejuruan non negeri di Semarang yang menjadi sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah lain di sekitarnya. Menurut kepala sekolah SMK Texmaco Semarang baru-baru ini juga menerima kunjungan dari perwakilan SMK di Solo-Jogja. Meski menempati bangunan bekas pabrik tekstil Texmaco, namun SMK ini telah meraih berbagai prestasi serta sudah menjalin hubungan internasional yang diantaranya dengan sekolah kejuruan di Thailand. Hubungan tersebut diantaranya berupa pertukaran tenaga pengajar serta pertukaran pelajar. (afn)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *