Outbound Kelas Prestasi dan Santri Asrama MANDA

Kebumen (16/11/18) – Tanjung Serut akan menjadi destinasi wisata baru di Kebumen. Objek wisata ini terletak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Menurut warga setempat, Serut merupakan nama pohon yang tumbuh di area itu sedangkan disebut Tanjung karena di area Waduk Wadaslintang, area tersebut menjorok ke perairannya seperti tanjung. Pemandangan yang menarik dari objek wisata ini adalah pemandangan waduk serta bongkahan wadas atau batu kapur di tepiannya. Bongkahan wadas ini terlihat karena air waduk yang semakin surut.

Saat ini, pengelolaan objek wisata baru memasuki tahap permulaan. Belum banyak fasilitas dan wahana yang tersedia, hanya terlihat beberapa saja. Fasilitas yang ada disana antara lain 2 – 3 gubug (gazebo) peristirahatan dan sebuah toilet umum yang airnya dipompa dari waduk. Beberapa penjual jajanan terlihat juga di sana. Mereka menjajakan jajanan gorengan seperti tempe, bakwan dan tahu serta aneka minuman. Menurut pengelola, objek wisata tersebut dikelola oleh warga sekitar dengan sumber daya seadanya.

Pada hari Kamis (15/11) kemarin, MAN 2 Kebumen mengadakan Kegiatan berjudul Outbound Kelas Prestasi dan Santri Asrama MANDA. Kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan dan membentuk pola pikir yang kreatif dari siswa ini diikuti oleh 154 peserta didik Kelas X IPA 1, X IPS 1, XI IPA 1 dan santri Asrama MANDA. Sekitar 40 Guru dan Karyawan juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Akhirnya, peserta didik (untuk kelas prestasi dan asrama) dapat semakin kompak dan saling mendukung satu sama lain dalam hal-hal positif.

Kegiatan outbound yang dipandu oleh Tim dari SD Alam Lukulo ini mengadakan pendampingan outbound dengan beberapa jenis/level permainan antara lain high impact dan medium/low impact. Permainan high impact yang dimainkan antara lain flying fox dan memanjat tangga dari bambu. Permainan ini memacu adrenalin peserta melawan keraguan dan ketakutannya pada ketinggian. Peserta didik jadi makin berani dan percaya diri. Permainan medium/low impact yang dimainkan berupa permainan kelompok yang mengasah konsentrasi, gerak dan kerja sama tim. Kelompok yang kalah akan dihukum dengan coretan-coretan di wajahnya.

Perjalanan ke Tanjung Serut tidak luput dari halangan/rintangan. Medan yang dilalui berupa jalan tanjakkan dan turunan yang cukup ekstrim. Setelah sampai di Waduk Wadaslintang, masih ada beberapa kilo menuju lokasi. Sepanjang jalan masih dijumpai jalanan berbatu dan jalanan beraspal/paving yang rusak. Selain itu, karena kesalahan komunikasi, beberapa kendaraan pengangkut peserta tersesat. Objek wisata Tanjung Serut dapat menjadi tujuan wisata yang ramai sehingga menaikkan pendapatan daerah jika dikelola dengan baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *