Back to Nature 2019, PMR dan PKS Manda

Kebumen (24/2/19) – Hari ini (Ahad, 24/2) masih berlangsung kegiatan Back to Nature (BTN) anggota PMR dan PKS MAN 2 Kebumen. Kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta ini sudah dilaksanakan sejak Sabtu sore kemarin (23/2). Pk 15.00 WIB dilakukan apel pembukaan yang diikuti oleh dewan organisasi dan adik-adik peserta. Apel dilaksanakan di lapangan bulu tangkis madrasah. Pk 16.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan lomba yel-yel.

Kegiatan utama BTN dilaksanakan di 2 lokasi berbeda antara lain madrasah dan Jemur Adventure Park. Adik-adik peserta diwajibkan menginap di madrasah malam Ahad. Kegiatan di madrasah antara lain pembukaan dan pentas seni. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Bpk. Akhmad Makhsus, S.Ag., M.Pd. setelah Maghrib di aula gedung baru madrasah. Setelah Isya’, tiap-tiap sangga menampilkan pentas seni. Pensi yang ditampilkan adik-adik peserta bermuatan materi-materi yang telah diajarkan. Salah satu sangga dari PMR menampilkan tarian tata cara mencuci tangan yang baik, sangga lain dari PKS menampilkan sosialisasi keselamatan berkendara. Kegiatan malam itu yang rencananya akan diadakan di lapangan bulu tangkis, sebagian besar kegiatannya dipindahkan ke aula karena hujan. Setelah hujan reda, kegiatan malam ditutup dengan renungan di lapangan basket.

BTN PMR dan PKS MAN 2 Kebumen bertujuan untuk mendapatkan tanda anggota PKS dan slayer PMR. Atribut organisasi tersebut diperoleh saat wide game dan out bound di JAP. Pagi ini, dewan dan adik-adik peserta telah mempersiapkan diri sejak pk 05.00 WIB. Beberapa persiapannya antara lain briefing, membersihkan lingkungan madrasah, mengatur/menyiapkan kendaraan, dan makan pagi. Tamu undangan dari dewan senior dan organisasi lainnya juga telah hadir pagi ini. Pk 08.00 WIB mereka mengendarai sepeda menuju JAP.

Kegiatan di JAP antara lain materi bela negara dari TNI, wide game yang dipandu oleh dewan masing-masing, ice breaking dan out bound dari tim out bound JAP. Wide game dan out bound dilakukan secara bergantian antara PKS dan PMR. Ice breaking dan materi bela negara diikuti seluruh peserta. Ada 6 pos wide game dengan rute yang berbeda antara PMR dan PKS. Adik-adik PMR memulai wide game terlebih dahulu, selanjutnya wide game adik-adik PKS dilaksanakan setelah Dzuhur.

Menurut panitia, BTN tahun ini berbeda dengan BTN tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini BTN diawali dengan menginap di madrasah sedangkan tahun-tahun sebelumnya BTN hanya 1 hari pelaksanaannya (baca: pagi-sore)”, katanya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *