Final MANDA Futsal Championship 2018

Kebumen (30/04/18) – Babak Penyisihan dan Babak Semifinal MFC 2018 yang diselenggarakan bulan lalu, pada Sabtu (28/04/18) lalu telah dilaksanakan Babak Finalnya. Pada Babak Final ini mempertemukan kelas XI IPS 2 vs kelas X IPA 5 untuk kategori futsal putri dan XI IPA 2 vs XI IPA 3 untuk kategori futsal putra. Babak Final ini diadakan di GOR Gembira Kebumen setelah Lomba Memancing dan Lomba Menghias Tumpeng.

Final futsal putri dimulai sekitar pk 09.30 WIB dengan upacara pembukaan yang disambut oleh Drs. Wim Tri Busono. Pada sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan tersebut dengan mengungkapkan rasa syukur dan bangga karena MAN 2 Kebumen memiliki atlet-atlet yang berbakat. Beliau berpesan untuk selalu sportif dalam bertanding, menerima keputusan atau hasil pertandingan.

“Dalam pertandingan tentu saja ada yang kalah dan ada yang menang. Apa pun hasilnya, harus selalu sportif,” katanya.

Bertindak menjadi wasit pada final itu adalah M. Fuad Zulkarnain dan Fatih Prayoga. Mereka memimpin para pemain memasuki lapangan pertandingan untuk saling bersalaman. Yoga menjelaskan bahwa waktu pertandingan untuk putri hanya berlangsung selama 10 menit tiap babaknya sedangkan waktu pertandingan untuk putra berlangsung selama 15 menit.

“Final putri 10 menitan kalau yang putra lebih lama sekitar 15 menitan,” jelasnya.

Futsal putri dimenangkan oleh kelas XI IPS 2. Selama 20 menit skor bertahan 2 : 2 sehingga dilakukan adu pinalti. Pada babak pertama, gol pertama dibuka oleh XI IPS 2 melalui kaki Salma dari titik putih. Hingga akhir babak pertama skor bertahan 1 : 0 untuk kelas XI IPS 2.

Pada babak kedua, gol kedua disarangkan ke gawang XI IPS 2 melalui kaki Istiqomah. Tak mau ketinggalan, Salma kembali membobol gawang X IPA 5. Pertandingan semakin ramai, X IPA 5 yang telah ketinggalan 1 gol semakin menguasai bola hingga akhirnya dapat membobol gawang XI IPS 2 dari bola pantul yang dimanfaatkan dengan baik oleh Nuryanti (X IPA 5). Pada pertandingan itu, Salma pantas dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Suporter bersorak mendukung para pemain. Dengan drum dan berbagai alat bunyi-bunyian, mereka mendukung siapa saja yang bertanding saat itu. Komentar-komentar dari Misbahul Huda dalam menyiarkan jalannya pertandingan ikut meramaikan dan memeriahkan acara.

Untuk final putra, MFC 2018 dimenangkan oleh kelas XI IPA 2 dengan skor akhir 5 : 2. Gol XI IPA 2 disumbangkan oleh Rifqi (2 gol), Umam (2 gol) dan 1 gol bunuh diri oleh Sultan. Gol XI IPA 3 disumbangkan oleh Syafa dan Adani.

Sepanjang pertandingan, bola lebih banyak dikuasai oleh XI IPA 2. Masing-masing memiliki motor gerak yang tak kalah hebat dan peluang shot on goal yang sama. Akan tetapi XI IPA 2 dapat memanfaatkan peluang lebih baik khususnya pada tendangan bola-bola mati. Pada pertandingan itu, Umam pantas dinobatkan sebagai man of the match sedangkan Sofwan menjadi best assist-nya (-pen).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *