Gladi Widya Indrakila (GWI) 2018

Kebumen (12/2/18) – Kegiatan perlombaan Pramuka 5 tahunan, Gladi Widya Indrakila, dilaksanakan di SMA N 2 Kebumen, pada hari Ahad (11/2/18). Perlombaan yang diadakan oleh DKC Pramuka Kebumen ini menguji pengetahuan kepramukaan, pengetahuan umum dan kreatifitas peserta didik Pramuka tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Kebumen. Juara Umum kegiatan ini akan menjadi wakil Kebumen ke tingkat propinsi.

Perlombaan terbagi dalam 2 kelompok yakni putra dan putri. Masing-masing kelompok mengirimkan 8 wakilnya untuk mengikuti 2 sesi kegiatan lomba. Sesi 1 perlombaan terdiri dari LCT Pramuka, Scouting Skill dan Ngadi Salira Ngadi Busana. Sesi 2 terdiri dari Cipta Karya Pramuka, Video Iklan Layanan Masyarakat dan News Presenter. Pada sesi 2 ini, penampilan peserta kebanyakan dalam bentuk presentasi naskah yang telah dikirim di hari Sabtu (10/2/18).

Ngadi Salira Ngadi Busana menantang peserta untuk merias salah satu anggota sangga untuk berpakaian adat dan menunjukkan budayanya. Selanjutnya peserta akan menunjukkan peragaan busana layaknya gerakan model profesional. Bagi peserta yang lolos 5 besar akan diuji wawancara soal pengetahuan umum.

Peserta dari MAN 2 Kebumen kelompok putra antara lain: M. Humroni, Sofwan Hidayat, Arif Salma, M. Mabarun, M. Nur Fauzi, A. Bagus Romadhon, M. Alfarizy, dan Zulfadul Anhari. Dari kelompok putri antara lain: Erika Anggraeni, Isna Ramadhani, Sri Dewi R., Veni Faiqohul H., Inayah Nur A., Qory Ayu Nur F., Linda Aniatun S. dan Ana Rodhiatus S.

Pada GWI tahun 2018 ini PraManda berhasil mendapatkan Juara 1 Kelompok Putri pada 2 kategori yakni News Presenter dan Video Iklan Layanan Masyarakat sedangkan Kelompok Putra mendapatkan Juara 3 kategori Scouting Skill (Pionering).

Salah satu peserta kelompok putri, Isna, menceritakan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan tersebut. Selain pengalaman, ia juga banyak mendapatkan pengetahuan dari kegiatan tersebut. Tapi menurutnya, yang paling penting adalah rasa kebersamaan dan persaudaraan antar sesama anggota atau sangga dari sekolah lainnya.

“Pengalaman, pengetahuan, banyak sekali didapat dari kegiatan ini (GWI). Yang penting kebersamaan dan persaudaraan bersama sekolah lain,” ungkapnya.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *