Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah 2019 (MPLM2019)

Kebumen (18/7) – Tahun pelajaran baru 2019/2020 telah dimulai hari Senin (15/7) pekan ini. Masuk hari pertama tahun pelajaran diawali dengan upacara bendera. Guru, karyawan dan peserta didik ikut dalam kegiatan tersebut. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Drs. Wachid Adib, MSI, Kepala MAN 2 Kebumen. Beliau berpesan bahwa kunci sukses dalam meraih kesuksesan adalah dengan meninggalkan hal yang sia-sia (tidak perlu).

Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah atau MPLM untuk peserta didik tahun 2019 ini diadakan selama 3 hari dari Selasa (16/7) hingga Kamis (18/7). Hari pertama dan kedua kegiatan diisi dengan materi kemadrasahan sedangkan di hari terakhir ini kegiatan diisi dengan lomba-lomba dan penampilan.

Lomba-lomba diantaranya lomba kaligrafi, lomba paduan suara, lomba yel-yel dan lomba estafet holahop. Lomba kaligrafi dilaksanakan di kelas X IPA 5, lomba yel-yel dilaksanakan di lapangan bulu tangkis, dan lomba estafet holahop diadakan di aula madrasah. Ketiga lomba tersebut diadakan dalam waktu yang bersamaan. Lomba paduan suara diadakan di aula madrasah setelah 3 lomba lainnya diadakan.

Peserta didik dibagi dalam 11 kelompok sesuai jurusan masing-masing dan dinamai sesuai nama-nama tokoh pewayangan. Menurut panitia, pemilihan nama-nama tokoh pewayangan ini hanyalah variasi. “Tahun lalu kan dari tokoh-tokoh Islam. Tahun ini variasi saja, agar unsur Jawanya menonjol,” kata ketua panitia. Panitia menambahkan, pada pembagian kelompok MPLM ini, peserta didik belum disusun sesuai kelas masing-masing.

Jumlah peserta didik baru tahun ini adalah 371 peserta. Jumlah peserta didik laki-laki adalah 129 sedangkan perempuan adalah 242. Tiga pilihan jurusan masing-masing Agama, IPA, dan IPS berjumlah 36, 166 dan 169 peserta didik. Jurusan Agama terdiri atas 1 kelas, IPA 5 kelas dan IPS 5 kelas. Menurut data dari panitia PPDB, nilai rata-rata ujian nasional peserta didik tahun ini adalah 285,4. Nilai tertingginya 391,0.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *