Pawai Taaruf Memperingati Harlah MAN 2 Kebumen Ke-28

Kebumen (27/04/18) – MAN 2 Kebumen genap berusia 28 tahun, Rabu lalu (25/04/18). Karena bersamaan dengan kegiatan UMBN, maka kegiatan puncak perayaan Harlah MAN 2 Kebumen diadakan Jumat ini (27/04/18). Kegiatan hari ini adalah pawai taaruf Guru, Karyawan dan Peserta Didik MAN 2 Kebumen, pembagian doorprize dan Lomba Memancing untuk Guru dan Karyawan.

Pawai taaruf ini diikuti oleh 1000 peserta. Pk 07.00 WIB, sebelum peserta pawai diberangkatkan, diadakan apel bersama di lapangan madrasah. Apel dimulai dengan pengarahan dari Polres Kebumen. AIPTU Jono menjelaskan perihal tata tertib peserta pawai di jalan raya. Beliau menghimbau agar peserta pawai tetap berjalan dan tidak saling mendahului agar pawai berjalan tertib.

“Tidak boleh ada yang lari, tetap berjalan agar tertib,” jelasnya.

Beliau juga menginformasikan pada warga MAN 2 Kebumen bahwa selama 2 pekan ini (26/04/18 – 09/05/18), Polres Kebumen mengadakan Operasi Patuh. Menurut Beliau, kecelakaan di jalan raya terjadi karena aturan lalu lintas banyak yang dilanggar. Selama operasi berlangsung, bagi pelanggar aturan akan dikenai sangsi tanpa pandang bulu. Beliau berpesan agar warga MAN 2 Kebumen tidak melanggar peraturan lalu lintas dan bersama-sama menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan.

“Stop pelanggaran. Stop kecelakaan. Keselamatan untuk kemanusiaan. Bismillah semoga (warga MAN 2 Kebumen) tidak kena tilang dan kecelakaan,” tutupnya.

Selanjutnya, pengarahan dari panitia pawai disampaikan oleh Faiq Dwi Harsanto. Beberapa hal yang disampaikan antara lain rute perjalanan, urutan barisan, lokasi pembagian kupon doorprize dan pemberian stempel pada kupon.

Rute perjalanan dimulai dari MAN 2 Kebumen ke Utara hingga Tugu Lawet. Selanjutnya, pawai ke Barat hingga SMP N 5 Kebumen. Dari SMP N 5 Kebumen ke Utara hingga jalan H. M. Sarbini. Sepanjang jalan H. M. Sarbini, peserta pawai belok ke Selatan di pertigaan PLN lama. Pawai akan berhenti sejenak di Kantor Kementerian Agama dan melanjutkan perjalanan pulang ke madrasah memutari bagian Selatan alun-alun Kebumen dan melewati jalan Pramuka.

Urutan barisan pawai paling depan adalah Patwal Polres Kebumen, pasukan pembawa spanduk madrasah dan bendera, Drumband MANDA, Guru dan Karyawan, IKKADA, peserta didik kelas XII yang telah diterima di perguruan tinggi, dilanjutkan peserta didik kelas XII, XI dan X. Barisan terakhir pawai adalah tim PMR MANDA.

Selama perjalanan, peserta pawai akan mendapatkan kupon doorprize untuk diundi saat sampai di madrasah. Pembagian kupon doorprize dilakukan saat pawai melewati jalan H. M. Sarbini. Stempel dicap di depan Masjid Agung Kebumen. Kupon dipotong dan salah satu potongannya diberi nama dan kelas pemiliknya. Kupon digulung dan dikumpulkan ke panitia setelah sampai di madrasah.

Sambutan terakhir apel pemberangkatan pawai taaruf disampaikan oleh Kepala Madrasah. Kamad berpesan agar peserta pawai berjalan tertib, selalu menjaga kebersihan dan menjaga tutur kata dan sikap selama perjalanan. Peserta pawai wajib menunjukkan wajah yang ceria, tidak cemberut dan selalu mengikuti petunjuk lalu lintas.

“(Dalam perjalanan) Peserta pawai berbaris rapi, dua-dua. Buang sampah pada tempatnya. Menyapa warga sekitar. Menunjukkan raut wajah yang riang dan ceria. Tidak cemberut. Ikuti petunjuk lalu lintas,” katanya.

Kamad menjelaskan bahwa pawai taaruf bertujuan untuk mengenalkan madrasah kepada warga Kebumen. Pawai ini menunjukkan bahwa MAN 2 Kebumen selalu hebat dan menjadi kebanggaan warga Kebumen. Di akhir sambutannya, Beliau menambahkan agar tujuan pawai taaruf ini selalu diniatkan untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

“Selama pawai nanti, kita harus selalu meluruskan niat. Semua yang dilakukan semata-mata meraih ridha Allah SWT,” tutupnya.

Pk 10.00 WIB barisan pawai sampai di madrasah. Setelah istirahat beberapa menit, peserta didik segera berkumpul di lapangan bulu tangkis untuk mengundi hadiah. Di lapangan telah disediakan panggung dan ratusan hadiah-hadiah kecil yang terbungkus rapi. Hadiah utamanya berupa 4 buah sepeda. Kupon undian dibacakan satu per satu oleh panitia. Karena jumlah hadiah yang banyak, maka nomor undian dibaca cepat oleh panitia. Sesekali panitia melontarkan candaan dan quiz berhadiah yang membuat penonton tertawa.

Hadiah utama diundi disela-sela hadiah-hadiah kecil. Sepeda pertama jatuh kepada Siti Maskarimah dari kelas XII IPA 2. Hadiah dari BRI Kebumen ini diserahkan langsung oleh perwakilan dari BRI. Sepeda kedua dari madrasah diberikan Kamad kepada M. Syaif Muammar dari kelas XI Agama. Dua sepeda lainnya jatuh kepada Roikhatul Jannah dari XI IPA 5 dan Laeli Fajriyah dari XII IPA 3.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *