Pemilu OSIS MAN 2 Kebumen Periode 2018/2019

Kebumen (13/10/18) – Hari ini warga MAN 2 Kebumen akan memilih Pengurus OSIS untuk periode 2018/2019. Pemilihan umum (pemilu) secara langsung ini adalah untuk menentukan pengurus intinya saja. Ada 6 peserta didik yang akan menjadi calon pengurus untuk jabatan Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Masing-masing jabatan ada 2 kandidat dengan nomor urut 1 dan 2. 

Menurut Ketua Panitia Seleksi, rangkaian kegiatan penyeleksian anggota OSIS telah dilaksanakan sejak tgl 3 Oktober lalu. Dari seleksi itu, 6 calon pengurus inti diumumkan pada hari Senin (8/10). Menurut Ichsan, karena ada sedikit kendala dalam persiapan, maka pemilu baru bisa dilaksanakan pada hari ini (13/10). Ia menambahkan bahwa proses sosialisasi, pemungutan dan perhitungan suara akan dilaksanakan hari ini juga. Meski begitu, ia belum sempat menjelaskan kapan akan diumumkan hasil perhitungannya.

Dalam seremonial acara pembukaan pagi tadi, Kepala Madrasah melalui Waka Kesiswaan MAN 2 Kebumen memberikan apresiasi yang tinggi untuk kerja keras panitia dan pengurus OSIS periode sebelumnya. Dalam sambutannya, Akhmad Makhsus juga menceritakan track record calon pengurus OSIS yang baru selama di SMP/MTs masing-masing telah memiliki segudang prestasi dalam organisasi. Menurutnya, 6 kandidat terpilih adalah yang terbaik. Di akhir sambutannya, ia berpesan kepada pengurus OSIS yang lama untuk fokus pada UN dan tetap menjadi teladan yang baik bagi adik-adiknya.

Pemilu OSIS tahun ini adalah kali kedua dilaksanakan secara online. Panitia menyediakan perangkat komputer di aula madrasah. Peserta didik kelas X dan XI akan diberi token yang berisi 5 digit angka untuk login masuk lembar pemilihan. Panitia yang bertugas memberikan token akan bersiap di pintu masuk sedangkan panitia di pintu keluar akan memberi tanda/cap pada pemilih. Pemilihan dilakukan secara bergantian dengan mengundang peserta didik kelas per kelas.

Ada yang menarik pada pemilu kali ini yakni proses pemilihan untuk kelas XII dilakukan melalui ponsel pintarnya. Peserta didik akan diberi token dan tautan untuk login masuk lembar pemilihan oleh panitia. Untuk kelas XII, panitia lah yang akan mengunjungi kelas per kelas. Dengan strategi ini, dengan tetap menjaga kerahasiaan, diharapkan pemilihan akan berlangsung lebih cepat. Motto LUBER (langsung bertanggung jawab) dan JURDIL (jujur dan adil) akan dijaga oleh seluruh warga madrasah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *