Pengumuman Kelulusan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017

Kebumen (10/5) – Kelulusan peserta didik kelas XII sudah diumumkan sejak 2 Mei 2017. Hasil pengumuman diambil langsung oleh orang tua/wali peserta didik di Aula MAN 2 Kebumen pk 14:00 WIB.

Pada tahun pelajaran 2016-2017 seluruh peserta didik kelas XII yang berjumlah 303 anak dinyatakan lulus sesuai rapat pleno guru dan karyawan. Pada rapat pleno diumumkan pula kenaikan peringkat MAN 2 Kebumen untuk wilayah Kabupaten Kebumen oleh Kepala Madrasah. Pada tahun pelajaran 2015-2016, MAN 2 Kebumen berada pada peringkat 11 sedangkan pada tahun pelajaran ini (2016-2017), MAN 2 Kebumen menduduki peringkat 8 untuk SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Kebumen.

Pada rapat pleno juga dijelaskan tentang kriteria kelulusan sesuai standar satuan pendidikan yang terdiri dari penilaian selama kegiatan belajar, ujian madrasah, ujian nasional dan penilaian khusus menyangkut karakter dan akhlak peserta didik. Kriteria kelulusan satuan pendidikan disampaikan oleh Waka Kurikulum sedangkan penilaian karakter disampaikan oleh BK.

Satuan pendidikan menetapkan kelulusan berdasarkan nilai peserta didik. Nilai rata-rata mapel dan nilai minimal baik ujian tertulis maupun praktek termasuk dalam standar kelulusan. Nilai madrasah terdiri dari Ujian Madrasah (UM), Ujian Akhir Madradah Berstandar Nasional (UAMBN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan rata-rata raport semester 1-5. Nilai akhir terdiri dari nilai Ujian Nasional dan rata-rata raport semester 1-5. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *