Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2018

Kebumen (10/12/18) – Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW, Kita Wujudkan Peserta Didik yang Luhur Pekerti dan Unggul Prestasi adalah petikan tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW MAN 2 Kebumen tahun ini. Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu (08/12) lalu diselenggarakan di GOR Gembira Kebumen. Terdapat seribu orang lebih yang terdiri dari Guru, Karyawan dan Peserta Didik MAN 2 Kebumen memenuhi ruangan.

Kegiatan dimulai dengan rangkaian pra-acara seperti penampilan hadroh, da’i MANDA, dan pembacaan Kitab al-Barzanji. Selain itu, ada juga sesi sosialisasi One Coin Every Day. Setelah kegiatan pra-acara, MC membuka acara inti dengan 3 bahasa; Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Arab. Suasana di dalam GOR Gembira tiba-tiba khusyu’ saat ayat suci al-Quran dibacakan oleh Hasna’ Huriyah Zalfa’. Juara III Syarhil Quran di ajang MTQ XXVII ini melantunkan ayat suci dengan indah dan penuh penghayatan.

Pada kesempatan kali ini, karena Kepala Madrasah berhalangan hadir, sambutan dari madrasah diwakili oleh Waka. Humas Madrasah, Bpk. Drs. Wim Tri Busono. Beliau berpesan tentang pentingnya menuntut ilmu dan mengaji baik di sekolah/madrasah maupun di pondok. “Mengaji juga dapat dilakukan pada even-even semacam ini (peringatan Maulid Nabi, -pen),” katanya. Beliau juga mengingatkan tentang bahaya berita-berita palsu dan hoax di tengah-tengah masyarakat dan berharap agar seluruh warga madrasah lebih bijaksana dalam menanggapinya. Beliau berpesan secara khusus kepada peserta didik untuk segera menyelesaikan urusan semester gasal sebelum penerimaan rapor tanggal 15 Desember nanti.

Dalam kegiatan ini, bertindak sebagai penceramah adalah Ustadz Didik Santoso. Beliau menyampaikan tentang sifat-sifat seorang muslim yang meneladani Rasul. Beliau menjelaskan, Rasul memiliki 4 sifat yang utama yang senantiasa harus diteladani seorang muslim yakni sidiq (benar), amanah (dapat dipercaya), fathanah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan). Namun, beberapa sifat lain dalam al-Quran dan Hadits yang merupakan sifat Rasul juga perlu dimiliki seorang muslim. Sifat-sifat Rasul dalam al-Quran dan Hadits antara lain rendah hati, pemaaf dan toleran, selaras antara ilmu dan akhlak, serta gemar berdzikir dan berdoa.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *