Pernyataan Anti-HOAX MAN 2 Kebumen

Kebumen (9/3/18) – Warga MAN 2 Kebumen mengikrarkan pernyataan Anti-HOAX di lapangan madrasah, Kamis (8/3/18) lalu. Langkah ini merupakan dukungan MAN 2 Kebumen pada pemerintah, yakni institusi kepolisian, dalam memberantas berita-berita HOAX yang akhir-akhir ini banyak bermunculan di media masa. Kegiatan ini diadakan atas inisiatif dan permintaan dari Polres Kebumen yang mendatangi madrasah pada hari itu.

Dalam kegiatannya, peserta didik MAN 2 Kebumen dari beberapa kelas dipilih untuk bersama-sama mengucapkan pernyataan Anti-HOAX yang dibacakan oleh Kepala Madrasah. Ikrar ini juga diikuti oleh seluruh warga madrasah yang menonton di depan kelas. Sebelum pernyataan Anti-HOAX diikrarkan, Kamad memberikan sambutan tentang pentingnya tabayyun dalam menanggapi berita-berita yang simpang-siur. Kamad juga mengutip sebuah ayat al-Quran perihal ini.

“Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang fasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyun-lah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.” QS al-Hujurat (49) : 6

Berikut salinan pernyataan Anti-HOAX yang diikrarkan

Kami keluarga besar MAN 2 Kebumen, menyatakan sikap:

  1. Menolak berita dusta dan berita HOAX yang dapat mengancam disintegerasi bangsa
  2. Menolak isu SARA dan mendukung keutuhan NKRI
  3. Mendukung upaya-upaya POLRI untuk menangani dan memberantas penyebaran berita HOAX

NKRI harga mati!!!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *