Road to Harlah MAN 2 Kebumen ke-29

Kebumen (7/1/19) – Harlah MAN 2 Kebumen diperingati setiap tgl 28 April. Kegiatan pendukung menuju harlah madrasah telah dilaksanakan sejak 2 Januari lalu dengan lomba-lomba antar kelas dan antar jurusan. Lomba-lomba yang dilaksanakan hingga tgl 8 Januari ini terdiri atas lomba taman kelas, lomba mading kelas, lomba video dokumenter, lomba jurnalistik, lomba cerita bergambar, lomba puitisasi al-Quran, lomba hadroh, lomba fruits carving, lomba yel-yel, dan lomba futsal. Sebagian besar adalah perlombaan antar kelas, kecuali lomba hadroh yakni untuk antar jurusan. Semua perlombaan hanya diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI.

Tema harlah madrasah tahun ini adalah “Membina Keberagaman dalam Bingkai Merah Putih”. Menurut panitia, kegiatan pendukung sudah dilaksanakan pada bulan ini karena untuk mengantisipasi jadwal yang berdekatan atau bertabrakan dengan kegiatan ujian kelas 12.

Beberapa perlombaan yang dilaksanakan sepanjang masa road to harlah madrasah tgl 2 – 8 Januari 2019 antara lain lomba taman kelas, lomba mading kelas, jurnalistik dan video dokumenter. Peserta didik membuat taman dan mading di lingkungan kelas masing-masing. Materi untuk lomba mading kelas, jurnalistik dan video dokumenter diperoleh dari setiap sesi/hari selama kegiatan road to harlah madrasah.

Lomba yang dilaksanakan dalam waktu yang panjang dan di luar lingkungan madrasah adalah lomba futsal. Futsal dilaksanakan pada dari tgl 3 Januari hingga 5 Januari 2019 di GOR Gembira Kebumen. Babak penyisihan, semi final dan final dilaksanakan pada hari yang berbeda.

Kegiatan tgl 3 Januari adalah babak penyisihan futsal antar kelas dan lomba membuat cerita bergambar (cergam). Lomba cergam diadakan di ruang kelas X IPA 2. Diikuti oleh 1 peserta perwakilan masing-masing kelas, gambar yang dibuat harus bertemakan harlah madrasah.

Lomba-lomba yang diadakan tgl 4 Januari antara lain babak semi final futsal antar kelas, lomba hadroh antar jurusan dan lomba fruits carving. Lomba hadroh diikuti oleh perwakilan tiap jurusan dari kelas X dan XI. Peserta berjumlah maksimal 10 anak. Alat musik sudah disediakan oleh madrasah. Dalam penampilannya, tiap tim membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan. Satu lagu wajibnya adalah Busyrolana dengan versi bebas. Panggung penampilan berada di lapangan bulu tangkis madrasah.

Lomba fruits carving diadakan di lapangan bulu tangkis madrasah. Proses pengerjaan dilakukan oleh 2 anak, wakil tiap kelas. Buah-buahan yang diukir antara lain pepaya, semangka, melon atau labu yang dibawa dan disiapkan sendiri oleh peserta. Peserta juga diwajibkan membawa alat sendiri. Motif ukiran bebas dan waktu pengerjaannya selama 120 menit.

Di akhir pekan, lomba-lomba yang diadakan antara lain final futsal antar kelas, lomba puitisasi al-Quran dan lomba yel-yel. Lomba puitisasi al-Quran adalah lomba membaca sari tilawah al-Quran bergaya puitis. Peserta akan dinilai cara membaca dan penghayatannya. Dalam pembacaan sari tilawah tersebut diperkenankan diiringi dengan intrumen musik. Lomba yel-yel diikuti oleh 10 peserta masing-masing kelas. Dalam yel-yel tersebut harus menyebutkan visi dan misi MAN 2 Kebumen.

Pertandingan final futsal dilaksanakan di akhir sesi hari itu untuk menarik dukungan peserta didik yang lain. Hasil akhir pertandingan dimenangkan oleh XI IPS 4 untuk kategori putra dan XI IPA 5 untuk kategori putri. Hasil juara lomba-lomba lainnya masih dalam proses penilaian para juri.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *