Seleksi PPDB 2018 MAN 2 Kebumen Jalur Prestasi

Kebumen (2/5/18) – Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019 MAN 2 Kebumen untuk jalur prestasi dilaksanakan pada hari Senin (30/4/18) lalu. Tes seleksi ini terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai pk 07.30 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai pk 10.30 WIB. Tes seleksi ini diadakan berbasis komputer.

Tes seleksi PPDB jalur prestasi ini diikuti oleh 168 peserta. Sebanyak 116 peserta mengikuti tes seleksi pada sesi pertama sedangkan 52 peserta lainnya mengikuti tes seleksi pada sesi kedua. Menurut Akhmad Makhsus, peserta tes seleksi adalah peserta didik berprestasi dari masing-masing sekolah/madrasah seperti juara paralel antar kelas (atau prestasi lainnya, -pen) dan mempunyai minat melanjutkan sekolah di MAN 2 Kebumen.

“Peserta tes adalah siswa berprestasi di sekolahnya. Sebagian besar mereka adalah juara paralel sekolah dan mempunyai minat untuk melanjutkan ke MAN 2 Kebumen. Oleh karena itu, tes seleksinya disebut jalur prestasi,” katanya.

Makhsus menjelaskan, akan ada banyak keuntungan yang didapatkan bagi peserta yang lolos seleksi PPDB jalur prestasi ini. Peserta yang lolos seleksi dengan peringkat 1 – 20, selain dinyatakan diterima masuk MAN 2 Kebumen, mereka juga akan mendapatkan beasiswa dari madrasah. Peringkat 21 – 100 berhak memilih jurusan yang diinginkan (IPA, IPS atau Agama). Peringkat 101 dan seterusnya akan diterima di MAN 2 Kebumen dengan jurusan yang ditentukan oleh Panitia.

“Peringkat 1 sampai 20 akan mendapat beasiswa dari madrasah. Peringkat 21 sampai 100 berhak menentukan jurusan, sedangkan 101 ke atas ditentukan jurusannya oleh Panitia. Peserta yang ikut tes seleksi sebenarnya diterima di MAN 2 Kebumen karena mereka adalah anak-anak terbaik di sekolahnya,” jelasnya.

Peserta tes seleksi akan diberi kesempatan untuk melengkapi persyaratan diterima di MAN 2 Kebumen dengan mengumpulkan SKHU selambat-lambatnya 3 hari setelah pengumuman kelulusan SMP/MTs.

“Syarat daftar ulang untuk peserta seleksi adalah mengumpulkan SKHU paling lambat 3 hari setelah pengumuman kelulusan,” tutupnya.

Menurut Imam Mawardi, ada 32 SMP/MTs yang mengirimkan peserta didiknya untuk mengikuti tes seleksi ini. Selain 3 mapel yang diujikan (Matematika, IPA dan Bahasa Inggris), hasil seleksi nantinya juga dinilai dari piagam penghargaan, kejuaraan atau prestasi yang diraih oleh peserta didik. Nilai prestasi disesuaikan dengan tingkat kejuaraannya (tingkat Kabupaten, Propinsi atau Nasional). Piagam penghargaan tersebut harus dibawa saat mengikuti tes seleksi.

“Yang ikut seleksi 32 sekolah. Masing-masing mengirimkan siswanya beda-beda (jumlahnya). Selain yang 3 mapel (yang diujikan), hasil seleksi nantinya juga dinilai dari piagam penghargaan yang dibawa. Yang tidak dibawa, ya tidak dapat ditambahkan dipenilaian. Nilai prestasi sesuai tingkat kejuaraannya. Sudah ada diedaran yang dulu dibagikan oleh Panitia,” katanya.

Peserta seleksi PPDB jalur prestasi ini tidak dipungut biaya. Peserta yang sudah mengikuti tes, mendapatkan fasilitas makan siang dan snack di stand-stand pameran yang diadakan oleh organisasi-organisasi madrasah. Stand-stand pameran dibuat dalam sekat-sekat tertutup di lapangan basket madrasah. Di bagian depan terdapat pula panggung hiburan.

Organisasi-organisasi yang ada di MAN 2 Kebumen juga ikut meramaikan tes seleksi dengan membuka stand dan mempromosikan kegiatan mereka. Ada 9 organisasi yang berpartisipasi antara lain: OSIS, OSN dan KIR, Olahraga dan Seni Budaya, IRMAS, Asrama MANDA dan MASTER, Pramuka, PIK-R, PKS dan PMR. Masing-masing stand menyediakan jajanan seperti bakso, batagor, siomay, rujak dan bubur mutiara, gorengan, es krim cincau, jajanan pasar, dll. Semua itu disediakan dan dibagikan kepada peserta secara cuma-cuma. Disajikan pula penampilan lagu, video promosi, pembagian doorprize dan pengenalan madrasah.

Pengenalan madrasah disampaikan oleh Akhmad Makhsus. Ia menjelaskan pentingnya memilih madrasah untuk melanjutkan pendidikan. Menurutnya madrasah menggabungkan 2 aspek yakni duniawi dan ukhrawi dalam pembelajarannya. Peserta didik yang melanjutkan pendidikan di madrasah, khususnya MAN 2 Kebumen, dapat meraih kesuksesan dunia (dengan ilmu umumnya) dan akhirat (dengan ilmu agamanya).

“MAN arti bahasa Arab itu “wong” (manusia) juga arti bahasa Inggris ya “wong” (laki-laki). Madrasah mencetak anak didik menjadi manusia seutuhnya. Seperti MAN Du-A, Du itu dunia dan A itu akhirat. Jadi, sekolah di MAN 2 Kebumen bisa menghasilkan manusia-manusia yang sukses dunianya ya sukses akhiratnya,” jelasnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *