Try Out SMP/MTs se-Kabupaten Kebumen

Kebumen (28/3) – Bertepatan dengan Hari Libur Nasional (28/03/17)—Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939—, MA Negeri 2 Kebumen mengadakan Try Out Mapel UN tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017-2018.

Kegiatan yang diikuti sekitar 450 siswa SMP/MTs se-Kabupaten Kebumen ini dimulai pk 07:00 WIB dengan kegiatan penyambutan peserta oleh Kepala Madrasah dan Ketua Panitia di lapangan Masjid Baitul Hikmah MAN 2 Kebumen. Kegiatan ini berisi pengarahan tata cara Try Out dan pendampingan peserta oleh Pengurus OSIS menuju ruang tes masing-masing.

Kegiatan yang diikuti puluhan sekolah baik negeri maupun swasta ini membagi tes dalam 2 (dua) sesi dengan dijeda 30 menit untuk istirahat di antara dua sesi tes. Sesi pertama adalah tes Mapel Bahasa Indonesia dan Matematika sedangkan pada sesi kedua adalah tes Mapel Bahasa Inggris dan IPA. Masing-masing sesi memiliki alokasi waktu 120 menit. Mapel Bahasa terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan Mapel Eksak terdiri dari 25 soal. Panitia memberi penilaian yang berbeda-beda pada jenis mapel tersebut. Untuk Mapel Bahasa, nilai benar adalah 2 poin sedangkan untuk Mapel Eksak, nilai benar adalah 4 poin. Jawaban yang salah pada semua mapel bernilai (-1). Peserta mengerjakan tes menggunakan LJK yang telah disediakan oleh panitia.

Kegiatan yang dilaksanakan tanpa dipungut biaya ini memfasilitasi peserta dengan dengan ruang tes yang luas dan kondusif, mendapatkan snack ringan dan pelayanan lainnya yakni sesi pembahasan jawaban soal Try Out.

Kegiatan yang akan diumumkan pada tanggal 3 April 2017 ini menghadiahi sang juaranya dengan total hadiah puluhan juta rupiah yang terbagi dalam hadiah berupa uang, beasiswa dan penghargaan lainnya. Hadiah uang berupa uang tunai sebesar Rp 650.000,- bagi juara pertama sedangkan beasiswa senilai Rp 10.000.000,- diperuntukkan bagi peringkat 1 s.d. 10 yang semuanya menjadi siswa-siswi MAN 2 Kebumen di tahun pelajaran 2017/2018. Peringkat 1 s.d. 10 berhak masuk dalam Leader Class rintisan MAN 2 Kebumen. Untuk peringkat 11 s.d. 100 langsung diterima menjadi siswa-siswi MAN 2 Kebumen tanpa tes sesuai syarat dan ketentuan tertentu.

Kegiatan yang juga diikuti siswa-siswa dari kota-kota lain sekitar Kebumen ini diikuti peserta dengan antusias. Sesi demi sesi diikuti dengan baik tanpa halangan berarti. Setelah sesi tes diselesaikan, peserta tes menuju Masjid Baitul Hikmah untuk Shalat Dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan sesi pembahasan. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *