Wisuda 2019

Kebumen (4/5) – Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII MAN 2 Kebumen dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Mei 2019. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, MAN 2 Kebumen mewisuda 380 peserta didik kelas XII dan menyerahkan kembali kepada orang tua/wali mereka. Dalam kegiatan tersebut hadir sekitar 1000 audiensi terdiri dari komite dan undangan dari Kementerian Agama, guru dan karyawan MAN 2 Kebumen, peserta didik kelas XII dan sebagian kelas X dan XI dari berbagai organisasi dan orang tua/wali murid.

Kegiatan pra-acara yang diisi dengan penampilan dari tim hadroh MAN 2 Kebumen dimulai pk 07.30 WIB. Acara inti dimulai pk 08.30 WIB dipandu oleh narator yang mengarahkan peserta wisuda untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci al-Quran. Laporan kegiatan akademik disampaikan oleh Waka Kurikulum dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pada peserta didik dengan peringkat terbaik masing-masing jurusan. Sambutan dari Kemenag disampaikan langsung oleh H. Panut, S.Pd., MM. selaku Kepala Kantor Kemenag Kebumen yang baru. Kepala kantor tidak bisa mengikuti kegiatan wisuda hingga selesai karena keperluan lainnya.

Prosesi wisuda berupa penyematan samir dan mas berisi ikrar alumni dimulai dengan menyanyikan lagu Hymne Madrasah. Prosesi dilanjutkan dengan penampilan pasukan kehormatan membentuk formasi pintu masuk wisudawan. Pembawa acara membacakan satu per satu nama wisudawan, nama orang tua/wali dan daerah asal secara berurutan untuk menerima samir dari Kamad dan map berisi ikrar alumni dari Wali Kelas. Selama kurang lebih 1,5 jam prosesi tersebut berlangsung. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar alumni oleh perwakilan wisudawan dan diikuti oleh peserta/alumni lainnya. Prosesi wisuda ditutup dengan menyanyikan lagu Hymne Guru.

Acara selanjutnya adalah acara pelepasan peserta didik dari madrasah kepada orang tua/wali. Acara ini diisi dengan sambutan-sambutan antara lain dari perwakilan wisudawan oleh Ilman Agil Ramadhan, perwakilan OSIS/adik kelas oleh Naoval Fawaz Pratama, pelepasan peserta didik oleh Drs. H. Wachid Adib, MSI. dan penerimaan peserta didik oleh perwakilan orang tua/wali murid, Drs. H. Muhtar Saefudin. Acara pelepasan ditutup dengan menyanyikan lagu Syukur. Sambutan dari Kakan Kemenag yang seharusnya dilakukan pada sesi tersebut sudah diawali setelah pembukaan acara inti.

Rangkaian kegiatan wisuda dan pelepasan peserta didik MAN 2 Kebumen ditutup dengan pembacaan doa. Selanjutnya, para wisudawan berfoto dengan Kamad dan Wali Kelas masing-masing.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *