Wisuda Tahfidz dan Asrama Awards 2017

Kebumen (11/5) – KBM Madrasah sedang libur bertepatan dengan Hari Waisak. Namun, kegiatan asrama MAN 2 Kebumen tetap berjalan seperti biasa. Kegiatan asrama hari ini adalah Wisuda Tahfidz Quran dan Asrama Awards 2017. Dengan tema “Let’s Go Manda 2025: Dengan Tahfidzul Quran Kita Raih Prestasi Luar Biasa”, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Madrasah Lt. 2 MAN 2 Kebumen.

Kegiatan yang dihadiri oleh orang tua/wali santri asrama ini diawali dengan menampilkan hafalan al-Quran Juz 30 dari 18 santriwati yang dilanjutkan dengan pengukuhan para penghafal oleh Kepala Madrasah dengan mengalungkan tanda wisuda dan pemberian sertifikat.

Laporan kegiatan disampaikan oleh Kepala Asrama, Bpk. H. M. Fathoni, S. Pd. dengan menyampaikan keadaan asrama terkini. Asrama MAN 2 Kebumen menampung santriwan/santriwati berjumlah 70 anak. Satu diantaranya adalah peserta didik kelas XII yang lulus tahun ini, 9 santri putra dan 60 santri putri dari kelas X dan XI. Dalam sambutannya, Kelapa Asrama juga menyampaikan beberapa kegiatan asrama dan salah satunya adalah Asrama Awards hari ini akan memberikan penghargaan pada santri dalam 6 kategori penghargaan dan 1 penghargaan kelompok.

Sambutan selanjutnya adalah dari Bpk. H. Mahmudin, S. Pd., M. Ag. selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah mengatakan bahwa asrama atau pesantren adalah tempat yang paling baik untuk menyiapkan generasi muda yang berakhlak mulia. Kepala Madrasah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para penghafal al-Quran dengan sebutan “anak yang istimewa” yang akan menjadi aset bagi orang tuanya di akhirat kelak. Dalam sambutan lainnya, beliau mengatakan bahwa derajat penghafal al-Quran disejajarkan dengan para Nabi. Kepala Madrasah menganggap perlunya lembaga pendidikan memfasilitasi peserta didiknya yang ingin menghafal al-Quran karena pada masa sekarang ini al-Quran diabaikan.

Di akhir acara, pemenang Asrama Awards diumumkan. Terdapat 6 kategori penghargaan antara lain: Santri Teladan diberikan kepada M. R. Hidayat Febrianto, Santri Berprestasi Akademik diberikan kepada M. Nur Hidayatullah, Santri Tahfidz Terbanyak diberikan kepada Rofiqoh Nur Azizah, Santri Tahfidz Terbaik diberikan kepada Sri Nurul Hidayati, Santri Teraktif diberikan kepada Usi Laeliani, dan Santri Terbersih (Miss Clean) diberikan kepada Dewi Rokhimah. Untuk penghargaan khusus kelompok dengan kategori Kamar Terbersih jatuh pada Kamar 5. Disela-sela pengumuman, para santri juga menampilkan pentas seni antara lain drama, puisi musikal, dll. @rmpratama

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *